Sumara Putra,S.T.: Penting Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

(Baliekbis.com),Anggota DPRD Kota Denpasar I Nyoman Gede Sumara Putra,ST mengatakan pentingnya pembejajaran bahasa Inggris dimulai dari tingkat SD.

Untuk itu pada tahap awal, idenya itu akan diterapkan di SDN 3 Ubung, Denpasar. “Caranya dengan mensubsidi 1 orang guru supaya mengajar bahasa Inggris di SDN 3 Ubung dari gaji yang didapat selama menjabat sebagai anggota legislatif. Jika ini bisa berjalan, maka akan dikembangkan di SD lainnya,” ujar politisi PDIP ini, Jumat (22/8/2019).

Menurutnya, pelajaran bahasa Inggris yang diajarkan di tingkat SD nantinya bisa dalam bentuk percakapan atau lainya. Jika siswa SD sudah cakap dalam berbahasa Inggris tentu setelah tamat bisa dilanjutkan di tingkat SMP, SMA/SMK hingga perguruan tinggi.

“Karena di Era Industri Digital 4.0 ini, siswa tidak hanya dituntut untuk menguasai dunia digital saja, namun berbahasa asing salah satunya bahasa Inggris juga perlu. Selain kita menggunakan bahasa sehari-hari yakni bahasa Bali dan bahasa Indonesia,” terangnya.

Ditambahkan pembelajaran bahasa Inggris yang akan diterapkan di SD ini akan dijadikan pilot projek. Karena mempelajari bahasa Inggris sejak usia dini yang di mulai dari tingkat SD sebagai salah satu upaya membentuk SDM Unggul terutamanya dalam menghadapi Era Industri Digital 4.0.

“Selain itu, penguasaan bahasa Inggris yang dimulai sejak usia dini akan mampu meningkatkan nilai tawar,” ucapnya.

Gede Sumara Putra menambahkan keberadaan guru honor maupun guru kontrak tidak hanya di Kota Denpasar, namun juga di beberapa Kabupaten masih dirasakan kekurangan guru tetap.

Diharapkan pemerintah bisa mengangkat guru honor maupun guru kontrak untuk dijadikan guru tetap. “Karena kita tahu banyak guru honor maupun guru kontrak yang belum diangkat sesuai masa pengabdiannya,” pungkasnya. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: