Staff Presiden Kunjungi PKB, Rencana Boyong Rumah Bali ke Papua

(Baliekbis.com),“Saya suka dengan kerajinan Bali apalagi yang pakai ukiran itu detail dan penyelesaiannya sangat halus. Ada spirit yang tidak bisa diucapkan manakala kita perhatikan secara detail dan cermat setiap poin yang diukir. Saya yakin ini dikerjakan oleh tangan-tangan terampil yang memiliki jiwa dan bakat seni tinggi,” kata Lenis Kogoya, S. Th.,M.Hum., Staff Khusus Presiden RI dan Kepala Adat Papua saat mengunjungi pameran di Pesta Kesenian Bali ke-41 di Denpasar, Rabu (3/7/2019).

Lenis menambahkan sebenarnya ia ingin menyaksikan secara langsung prosesi pembukaan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 15 Juni lalu, namun karena ada tugas lain sehingga belum berkesempatan hadir melihatnya. Ia mengaku kagum dengan kesenian daerah dalam bingkai keragaman di Nusantara.

“Kesenian-kesenian tersebut berakar dari adat dan budaya warisan leluhur, milik bangsa sebagai perekat NKRI. Makanya setelah saya berkeliling Indonesia dan melihat secara langsung kekayaan budaya yang berakar pada adat, saya sangat berkeinginan agar Presiden Joko Widodo semakin memperhatikan adat melalui penguatan desa adat. Dan memberikan atensi lanjutan dengan mengangkat menteri atau pejabat lainnya yang khusus ditugaskan menguatkan adat sebagai kekayaan bangsa perekat NKRI,” pungkasnya.

Ketua DJM DPW Bali
Putu Eka Budiyasa
yang mendampingi Staff Khusus Presiden RI mengunjungi PKB,
mengatakan
dalam kunjungan tersebut pihaknya sengaja memperkenalkan beberapa stand yang menyediakan kerajinan tangan yang langsung dikerjakan oleh warga di desa, seperti ukiran Pintu Bali, rumah Bali serta endek dan tenun.
Staff Presiden menurut Eka Budiyasa terlihat sangat tertarik dan berencana memesan beberapa unit pintu dan bangunan Bali untuk dibawa ke Papua. (eka)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: