Sosialisasi dan Choaching Clinic E-Sakip, Bukan Lagi Pelatihan Tapi Langsung Diterapkan

Sosialisasi dan Choaching Clinic E-Sakip, Bukan Lagi Pelatihan Tapi Langsung Diterapkan

(Baliekbis.com), Walikota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra membuka sekaligus memantau pelaksanaan Sosialisasi dan Coaching Clinic Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Berbasis Elektronik (E-Sakip) di Ruang Sewaka Mahottama Graha Swaka Dharma Lumintang Denpasar,Kamis (8/11).

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, Narasumber dari Pemerintah Kota Bandung, Medi Mahendra serta pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Walikota Rai Mantra mengungkapkan sistem e-sakip ini sangat penting karena dapat meningkatkan akuntabilitas, efektivitas dan efisiensi kinerja instansi sehingga dapat mewujudkan good governance yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“E-sakip ini sifatnya mutlak untuk dikuasai. Dengan adanya e-sakip kita bisa menghitung semuanya secara terkonsep dengan jelas. Visi misi jelas, input jelas, proses jelas, output jelas, dan outcome harus dapat dirasakan masyarakat sebagai hasil kinerja,” ujar Rai Mantra.

Pada tahun 2017 hasil evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja Instansi PEmerintah Kota Denpasar memperoleh nilai 62,91 atau dengan predikat “B”. Hasil penilaian ini menunjukan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sudah cukup baik.

“Dari hasil evaluasi tahun lalu sudah menunjukan hasil yang baik. Namun hal ini tidak membuat kita berpuas diri, tetapi kita harus terus memperbaiki serta meningkatkan kinerja,”kata Rai Mantra.

Rai Mantra  juga berpesan agar keseriusan dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini dapat dimanfaatkan dan dilakukan secara berkelanjutan. Para peserta juga diharapkan untuk aktif bertanya, sehingga benar-benar memahami sistem ini.

“Saya berharap kegiatan ini agar diikuti dengan serius oleh semua peserta khususnya para OPD dan ini bukan lagi pelatihan tetapi langsung diterapkan sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja Pemerintah Kota Denpasar dari tahun ke tahun,” ujar Rai Mantra .

Sementara itu, Medi Mahendra yang merupakan narasumber dari Pemerintah Kota Bandung memberikan apresiasinya kepada Walikota Denpasar  serta seluruh jajarannya di Pemkot Denpasar atas komitmen beliau di dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja Pemkot Denpasar .

“Saya memberikan apresiasi atas komitmen Walikota Denpasar dan para OPD yang menunjukkan semangat di dalam melaksanakan pelatihan ini. Sehingga dengan adanya kegiatan ini kami dapat memberikan masukan untuk meningkatkan prestasi yang ingin dicapai, ” ungkapnya. (eka)