SMP PGRI 2 Denpasar Segera Gelar Parade Budaya

(Baliekbis.com), SMP PGRI 2 Denpasar menjelang perayaan Saraswati biasanya menggelar lomba ngelawar yang merupakan bagian dari pelaksanaan gebyar budaya. “Karena perayaan Saraswati bertepatan dengan perayaan Nyepi, maka pelaksanaan gebyar budaya akan digabung dengan pelaksanan parade budaya pada bulan Mei 2018,” ujar Kepala SMP PGRI 2 Denpasar Dr. I Gede Wenten Aryasuda, M.Pd, Sabtu (13/1).

Dikatakan, pelaksanaan parade budaya di SMP PGRI 2 Denpasar dipastikan tidak akan berbenturan dengan pelaksanaan ujian sekolah. Apalagi pelaksanaannya hanya sehari, dan dipastikan lomba ngelawar akan dicarikan waktu sebelum pelaksanaan parade budaya digelar. “Gebyar budaya dan parade budaya di SMP PGRI 2 Denpasar yang dilaksanakan setiap tahun yang bertepatan dengan perayaan Saraswati merupakan salah satu ikon sekolah,” terangnya.

Sebelum perayaan Saraswati, pada tanggal 15 Januari 2018 yakni melaksanakan perayaan Siwaratri. Dimana para siswa SMP PGRI 2 Denpasar dianjurkan untuk melakukan persembahyangan bersama di Pura Jagatnata dengan ikut melakukan monobrata (tidak berbicara), upayasa (tidak makan serta minum), dan jagra (tidak tidur). “Karena di dalam perayaan Siwaratri ini mengajarkan siswa untuk bisa mengendalikan pikiran agar lebih berpikir positif, dan menghilangkan segala macam hawa nafsu duniawi,” imbaunya.

Memang, momen perayaan hari suci umat Hindu di Bali tahun 2018 sangat mepet sekali waktunya, dan belum lagi para siswa SMP PGRI 2 Denpasar nantinya harus menempuh ujian sekolah. “Pastinya kami dari pihak sekolah sudah jauh-jauh hari mulai merancang program sekolah dengan baik terutamnya agar pelaksanan parade budaya tidak berbenturan dengan pelaksanan ujian sekolah nantinya,”ucapnya. Sementara, untuk persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP PGRI 2 Denpasar, pihak sekolah juga sudah merancangnya dengan baik dengan terus melakukan promosi lewat berbagai lomba seperti lomba Grisda Computer Championship (GCC) tingkat SD se-Kota Denpasar, dan Grisda Art Competitions (GAC) tingkat SD se-Kota Denpasar. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: