SMP PGRI 2 Denpasar Angkat “Grisda Nawa Natya”

(Baliekbis.com), SMP PGRI 2 Denpasar menggelar pementasan parade budaya bertemakan “Grisda Nawa Natya”. Pementasan parade budaya yang digelar di halaman sekolah dengan melibatkan siswa kelas VII dan VIII ini merupakan salah satu ekspresi dari ekstrakulikuler di bidang seni dan budaya. Hal ini dikatakan oleh Kepala SMP PGRI 2 Denpasar, Dr. I Gede Wenten Aryasuda, Senin (5/6/2017). Dalam pementasan parade budaya ini yang disajikan adalah tari-tarian seperti Tari Merak Angelo, Tari Truna Jaya, Tari Oleg Tamulilingan, Tari Sekar Jagat, dan Tari Sekar Jempiring. Pementasan parade budaya ini juga diisi dengan mejejahitan, ngulat sengkui meikut, nyurat aksara Bali, membuat lukisan kaligrafi. “Selain itu, pementasan parade budaya diisi dengan penampilan gong kebyar,” ucapnya.

Lanjut Aryasuda, dari pementasan parade budaya ada momen yang menarik yakni melombakan pakaian adat ke pura dengan melibatkan 22 pasangan.  Sejatinya, pementasan parade budaya ini cenderung bagian dari pengimplementasian visi-misi SMP PGRI 2 Denpasar yakni sekolah yang memiliki landasan seni dan budaya. “Bahkan pementasan parade budaya ini juga bagian dari peningkatan pendidikan karakter,” ujarnya. Dijelaskan, SMP PGRI 2 Denpasar setiap tahunnya memang menyajikan berbagai sajian bernuansa seni dan budaya seperti parade budaya. Jika menjelang hari Raya Saraswati sekolah ini biasanya mengadakan lomba ngelawar dengan melibatkan seluruh siswa.

“Dengan adanya kegiatan pementasan parade budaya ini tentu kedepanya lebih bisa mendidik siswa agar memahami tentang nilai seni dan budaya yang terkandung di dalamnya,” jelasnya. Pada saat pementasan parade budaya digelar juga diisi dengan penyerahan piala kepada siswa yang berhasil memperoleh juara II ketika mengikuti perlomban mekidung tingkat Provinsi Bali yang dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Pementasan parade budaya ini juga bagian dari momen kenaikan kelas untuk siswa kelas VII dan VIII. “Setelah dilaksanakanya pementasan parade budaya ini, nantinya SMP PGRI 2 Denpasar bakal mengadakan olimpiade sains berbasis IT dengan melibatkan siswa SD,” imbuhnya.

Aryasuda menambahkan SMP PGRI 2 Denpasar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan menargetkan sebanyak 350 siswa dari 11 ruang kelas yang dimiliki. Karena dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali kini membatasi PPDB yang awalnya untuk satu kelas bisa diisi 36-40 siswa, namun kini hanya bisa diisi 32 siswa saja. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: