Siswa SMAN 1 Abiansemal Belajar Daur Ulang Sampah Plastik

(Baliekbis.com), PT Tirta Investama Pabrik AQUA Mambal, Badung mengajak sekitar 50 siswa SMAN 1 Abiansemal belajar tentang mengelola sampah plastik agar bisa berguna, dan memiliki nilai jual. “Para siswa diajarkan memilih sampah plastik yang bagus yang tentunya bisa dijadikan sebagai bahan kerajinan yang memiliki masa pakai cukup lama tentunya,” ujar Pembina Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup SMA Negeri 1 Abiansemal, Wayan Sagi Adnyana, Rabu (13/6).

Dikatakan, hasil belajar para siswa selanjutnya akan diterapkan di sekolah. Sejatinya kegiatan ini untuk tetap menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan terbebas dari sampah plastik. “Kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa juga bagian dari gerakan bijak berplastik yang dicanangkan oleh Danone-AQUA di Jakarta bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2018 lalu,” terangnya.

Pengenalan pengelolaan sampah ini penting karena siswa akan bisa mencerminkan dirinya hidup sehat dengan menjaga lingkungan sekolahnya agar tetap bersih. Ini juga bagian dari salah satu pendidikan kewirausahan, sebab apa yang didapat dari pengetahuan pengelolaan sampah plastik untuk kerajinan bisa dijadikan sebuah lapangan pekerjan setelah para siswa tamat.

Selama ini, bisa dirasakan bahwa tingkat kesadaran publik yang masih rendah tentang pengelolaan sampah plastik merupakan hambatan untuk membangun budaya daur ulang. Edukasi di sekolah dengan berbagai mitra telah meyakinkan AQUA Mambal bisa mengajarkan daur ulang sampah plastik akan bisa mengajarkan kebiasaan lama dengan tidak membuang sampah plastik begitu saja.

Pelatihan ini akan menjadi pekerjaan rumah (PR) buat para siswa untuk bisa dikembangkan di lingkungan tempat tinggalnya. Karena setiap sesuatu yang didapat baik di sekolah maupun di luar sekolah akan bisa menambah wawasan yang lebih baik ke depannya. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: