Sidak Tim GDN Bukan Mencari Kesalahan

(Baliekbis.com), Tim Gerakan Disiplin Nasional (GDN) Kota Denpasar yang dikoordinir Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melakukan sidak kembali terhada organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar, Selasa (16/10). Tim GDN yang terbagi dua tersebut dipimpin Sekretaris BKPSDM I Wayan Sudiana dan Kabid Penilian Kinerja Aparatur dan Penghargaan AAN Oka Wiranata menyasar beberapa OPD.

Sekretaris BKPSDM I Wayan Sudiana menyampaikan sidak yang dilakukan ini sebagai pengawasan terhadap disiplin ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar sesuai PP 53 tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri. “Sidak yang dilakukan merupakan pembinaan terhadap pegawai yang ada di lingkungan Pemkot Denpasar. Sehingga dapat sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Dalam sidak yang melibatkan instansi terkait juga mengawasi etika pegawai mulai dari tata pakaian sehingga dapat menggunakan atribut pengenal yang lengkap. Hasil sidak ini akan langsung dilaporkan pada pimpinan termasuk juga mengirim surat pada pimpinan OPD terkait untuk ditindaklanjuti hasil sidak tersebut. “Kalau memenuhi syarat untuk dikenakan tindakan disiplin akan dilakukan tindakannya,” ujarnya. Lebih lanjut Sudiana menambahkan sidak yang dilakukan ini bukan untuk mencari kesalahan pegawai melainkan bagaimana ASN di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar harus mentaati aturan yang telah ditetapkan.

Kabid Penilian Kinerja Aparatur dan Penghargaan AAN Oka Wiranata menambahkan setiap selesai melakukan sidak hasilnya langsung dilakukan evaluasi. Sehingga hasilnya benar-benar ada manfaat untuk peningkatan disiplin ASN dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar. Bahkan dari sidak yang telah dilakukan banyak ASN tidak memakai atribut yang lengkap serta ada yang warna rambut tidak sesuai  masih menjagi temuan tim GDN. Seperti sidak di Dinas Arsip Daerah yaitu pirang disamping tingkat kehadiran banyak yang terlambat.

“Kami dari tim GDN tidak hanya menyidak disiplin pegawai, namun juga memberikan pembinaan terhadap pegawai itu sendiri,” ujarnya. Untuk sidak-sidak mendatang tidak menutup kemungkinan akan menyasar lagi OPD yang telah pernah disidak Meski demikian Oka Wiranata merasa bangga karena Bagian Organisasi yang juga disedak tidak ditemukan satupun pelanggaran. “Organisasi harus menjadi model untuk disiplin ASN di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Oka Wiranata berharap kepada kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di instansi masing-masing untuk meningkatkan pengawasan kinerja di internal OPD. “Untuk pengawasan kinerja pegawai tidak bisa hanya dilakukan oleh tim GDN, melainkan juga melibatkan pimpinan OPD masing-masing. Kabag Organisasi Setda Kota Denpasar IB Alit Adhi Merta mengaku sangat senang adanya sidak yang dilakukan tim GDN. “Ini sangat perlu dilakukan untuk memantau disiplin ASN dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar,” ujarnya. Hal ini akan membawa dampak terhadap pelayanan yang diberikan pada masyarakat. (gst)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: