Serap Aspirasi Petani, Anggota Komisi IV DPR Gus Adhi Puji Antusiasme Masyarakat Kubu dan Selat Kembangkan Sektor Pertanian

(Baliekbis.com), Meski pandemi Covid-19 menyebabkan banyak usaha terpuruk, namun semangat petani untuk mengembangkan lahan pertanian tak pernah surut.

Bahkan petani di Kecamatan Kubu dan Selat Karangasem justru semakin semangat mengelola lahannya setelah mengetahui kalau sektor pangan tersebut makin menjanjikan.

“Kalau bisa kami dibantu bibit serta keterampilan bertani, sebab banyak anak muda yang sebelumnya bekerja di kota kini pulang ke desa bertani,” ujar sejumlah petani di Kubi saat bertatap muka dengan Anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra yang akrab disapa Gus Adhi, Sabtu (17/10).

Bahkan yang menggembirakan petani di daerah kering dan tandus Kubu, kini menanam bawang merah. Menurut petani hasilnya sangat bagus. Cuma mereka terkendala air. Petani juga mengembangkan kolam ikan mujair. Karena itu petani berharap dibantu sumur bor.

Atas harapan tersebut, Gus Adhi memotivasi petani agar terus serius menggarap lahannya. “Saya akan bantu traktor agar bisa mengolah tanah lebih cepat, gembur dan rata sehingga penanaman lebih baik,” ujarnya.

Selain minta bantuan bibit dan teknik bertani, petani juga minta agar dibantu perbaikan irigasi di lahan mereka yang rusak. “Kalau bisa dibantu segera perbaikan irigasinya,” pinta petani di Subak Selat. Menurut Jro Mangku Sutiadnyana, saluram irigasi di subak itu jebol sehingga mengganggu aktivitas bertanam.

Atas informasi tersebut, Gus Adhi yang didampingi Anggota DPRD Karangasem dari Fraksi Golkar minta agar usulan petani itu segera bisa diselesaikan. “Secepatnya dikerjakan dan sampaikan kalau ada hambatan,” jelas Gus Adhi yang kini memasuki periode kedua di DPR RI.

Politisi Partai Golkar asal Kerobokan Badung tersebut pada tatap muka dengan kelompok tani menyerahkan bantuan alsintan di antaranya traktor sesuai kebutuhan petani.

“Kita akan bantu apa yang menjadi kebutuhan petani untuk meningkatkan produktivitas sehingga kesejahteraan petani makin meningkat,” jelasnya.

Selain petani sawah dan lahan kering, Gus Adhi juga mengunjungi nelayan di Kubu yang mengharapkan bisa dibantu rumpun. “Nanti kita akan bantu peralatan nelayan seperti keramba jaring apung,” ujarnya kepada nelayan setempat. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: