Serangkaian Upacara Panca Wali Krama, Sekaa Gong The Westin Mekar Gurnita Nusa Dua “Ngaturang Ayah” di Pura Besakih

(Baliekbis.com), Sekaa Gong The Westin Mekar Gurnita Nusa Dua serta penari dari kalangan karyawan dan karyawati The Westin Resort Nusa Dua Bali melaksanakan bhakti penganyar serangkaian upacara Panca Wali Krama di Pura Besakih, Karangasem, Kamis (14/3).

Dengan menyertakan 50 orang lebih, sekaa gong ini mendapat kesempatan untuk menampilkan tabuh dan tari di areal Penataran Agung Pura Besakih. “Saat bhakti penganyar ditampilkan tabuh telu buaye mangap, tari rejang renteng, tari rejang sari, dan tari topeng wali,” ujar Ketua Sekaa Gong The Westin Resort Nusa Dua Bali, Wayan Rena,SE., saat dihubungi di Denpasar, Selasa (19/3).

Dijelaskan, seluruh sekaa mengaku sangat senang bisa ngaturang ayah ke hadapan Ida Bhatara dan pamedek yang tangkil di Pura Besakih sebagai bagian implementasi dari Tri Hita Karana yaitu keharmonisan hubungan antara manusia dengan Ida Sang Hyang Widi Wasa, keharmonisan hubungan antara sesama umat manusia dan keharmonisan hubungan antara manusia dengan alam lingkungan.

“Dharma bhakti meyasa kerthi ring sajeroning karya Panca Wali Krama ini juga sebagai bagian dari sujud bhakti kami karyawan karyawati The Westin Resort Nusa Dua Bali kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Semoga ke depan kami kembali diberikan kesempatan untuk ngayah tidak saja dalam rangkaian pujawali dan karya di Pura Besakih tapi juga di sejumlah Pura di Bali,” harapnya.

Dikatakan, tidak ada persiapan secara khusus sebelum melaksanakan bhakti penganyar di Pura Besakih. Rena menerangkan, seluruh anggota sekaa baik penabuh dan penari sudah piawai dalam bidangnya. “Tak perlu waktu lama untuk memadukan seluruh sekaa baik sekaa gongnya maupun para penarinya. Karena semua sudah berpengalaman sehingga ketika diberi kesempatan untuk ngayah di Pura Besakih kami telah siap,” terang Rena sembari menambahkan sekaa ini juga sudah pernah tampil ngaturang ayah baik di lingkungan hotel saat pujawali dan di Pura Sakenan.

Sekaa Gong The Westin Mekar Gurnita Nusa Dua telah berdiri tahun 1996. Sejak berdiri, sekaa ini mengusung konsep untuk selalu mengajegkan seni budaya Bali lewat aktivitas berkesenian sekaligus mengimplementasikan rasa bhakti lewat kegiatan ngayah.

“Konsep kita sejak awal ingin mengajegkan seni budaya dan kami akan sangat senang diberi kesempatan untuk ngaturang ayah sepanjang ada waktu dan operasional tidak sibuk,” sebutnya.┬áKesempatan sekaa gong dan penari ngaturang ayah di Pura Besakih ini juga tak lepas dari dukungan Manajemen The Westin Resort Nusa Dua Bali, utamanya Ketua Umat Hindu Nyoman Suyasa.

“Saya mewakili teman-teman sekaa juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan dari manajemen. Apa yang menjadi program sekaa selalu didukung dan dimotivasi sehingga semua program mampu berjalan sesuai harapan dan rencana,” ungkap karyawan service express di The Westin Resort Nusa Dua Bali itu. (red)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: