Serangkaian Rakernas, IA ITB Tebar 10 Ribu Bibit Ikan Koi di Danau Buyan

(Baliekbis.com), Serangkaian kegiatan Rakernas pada tanggal 20-22 September 2019, IA ITB melakukan sejumlah kegiatan di antaranya penebaran 10 ribu bibit ikan koi di Danau Buyan, Minggu (15/9/2019).

Kegiatan ini bekerja sama dengan komunitas Ayo Melepas Ikan (AMI) dan seluruh komponen masyarakat Desa Pancasari. Juga hadir Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Dandim serta undangan lainnya.

Bupati Buleleng Agus Suradnyana sangat mengapresiasi penebaran bibit ikan ini karena dapat melestarikan lingkungan danau. Juga ke depannya memberi nilai tambah bagi masyarakat. “Kita juga berharap IA ITB bisa memberi masukan untuk kemajuan pembangunan Buleleng ke depan,” ujar Agus Suradnyana.

Gusti Kompiang

Sementara itu Ketua Ikatan Alumni ITB Daerah Bali Gusti Putu Kompiang di sela-sela penebaran bibit ikan mengatakan ada serangkaian kegiatan yang dilakukan terkait Rakernas mendatang yang mengangkat tema “Nangun Sat Kerthi Loka Nusantara”. “Penebaran ikan ini sebagai salah satu implementasi Sat Kerthi yakni Danu Kerthi. Dengan kegiatan ini kita berharap danau akan terpelihara kelestariannya. Danau adalah salah satu sumber air bersih yang harus dijaga,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Pengawas Perusda Bali Dr. Eng. IB Kesawa Narayana yang melihat pentingnya menjaga alam Bali. Bali menurutnya memiliki keunggulan pertanian baik tanaman pangan, perkebunan, perikanan dan kehutanan. “Kalau empat komponen potensial ini bisa diberdayakan dengan baik, maka bisa melestarikan alam Bali sekaligus mendukung pariwisata,” jelas alumni ITB ini.

Sebagaimana diketahui Bali kembali terpilih menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (Rakernas IA ITB) yang akan dilaksanakan pada 20-22 September di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur.

IB Narayana

Panitia Rakernas mengusung tema “Nangun Sat Kerthi Loka Nusantara” yang terinspirasi dari visi Pemerintah Daerah Provinsi Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Bali Wayan Koster yang juga alumni ITB yaitu “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.

Gusti Kompiang menambahkan selain melepas ikan, Panitia Rakernas juga memasang beberapa pelang pengumuman agar masyarakat pengunjung menjaga kebersihan Danau Buyan dari sampah plastik dan tidak melepas ikan predator seperti lele, zebra, tamang, alligator, arwana, dan lain-lain di Danau Buyan.

Danau Buyan/Bulian menjadi satu dari 47 danau prioritas di antara 840 danau yang ada di Indonesia dalam upaya penyelamatan oleh Forum Penyelamatan Danau Nusantara (FORMADAN) dalam kegiatan Forum Danau yang diselenggarakan di Bogor pada 29 Agustus 2019. Harapan Panitia Rakernas IA ITB 2019 di Bali agar visi Provinsi Bali untuk mewujudkan pulau Bali yang bersih, hijau, dan indah didukung oleh kelestarian danau sebagai sumber air tawar dapat tercapai. Berkembangnya ekosistem ikan akan menjadi salah satu parameter kualitas air di Danau Buyan. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: