Seminar Kesetaraan Gender dan Pramuka Melek Digital, Cok Ace: Peran Pramuka Harus Terus Ditumbuhkan

(Baliekbis.com), Pramuka berperan strategis dalam pembentukan karakter (character building) generasi muda. Untuk itu peran pramuka harus terus ditumbuhkan dan dikuatkan karena penting dalam menghasilkan SDM berkualitas. Tokoh senior pramuka yang juga Wagub Bali Cok Ace mengatakan hal itu saat Seminar Kesetaraan Gender Pramuka Menginspirasi dan Seminar Melek Digital di Balai Pusat Diklat BPR Kanti, Jalan Pudak No. 3 , Batubulan Gianyar, Sabtu (20/10).  Cok Ace juga mengapresiasi kegiatan seminar yang juga dirangkai dengan inklusi keuangan ini.
“Seminar yang digelar ini penting bagi generasi muda kita dan penguatan kesetaraan gender. Pembentukan karakter erat kaitannya dengan kesetaraan gender,” ujar Cok Ace.

Sementara Dirut BPR Kanti Made Arya Amitaba mengatakan kegiatan yang digelar itu wujud kerja sama Bank Kanti dengan Kwartir Cabang Pramuka Gianyar dan Gugus Darma Tridatu serta melibatkan TIMES-Indonesia Network. “Seminar menyajikan berbagai materi terkait jurnalisme digital di era millenial juga diisi dengan inklusi keuangan karena Oktober ini bertepatan dengan bulan inklusi keuangan,” jelasnya. Amitaba mengatakan kesetaraan gender  diharapkan memberikan pemahaman tentang posisi perempuan Bali di era kekinian. “Perempuan punya hak sama tapi tidak mengabaikan perannya sebagai wanita Bali. Kesetaraan gender ini juga agar jangan sampai kebablasan,” ujar Amitaba yang juga Ketua Gugus Darma Pramuka Gianyar ini.

Mengenai inklusi keuangan, Amitaba mengajak semua stakeholder terkait untuk menyatukan tekad dalam percepatan akses keuangan di Indonesia. Salah satunya BPR Kanti menggandeng pramuka untuk meningkatkan edukasi dan literasi keuangan di kalangan generasi muda. “Kita mengajak mereka lebih dini mengenal dan mengakses produk perbankan,” ujarnya. Generasi muda yang sangat melek teknologi digital juga diharapkan memahami kode etik dalam pemanfaatan teknologi digital seperti media sosial dan jurnalistik.

Dalam seminar yang diikuti ratusan peserta itu juga hadir senior pramuka yang juga istri Gubernur Bali Bunda Putri Suastini Koster yang sempat melantunkan beberapa puisinya yang sangat memukau peserta seminar. Sebagai pembicara dalam acara seminar yakni Direktur Gawainesia TIMES-Indonesia Network (TIN) Doddy Hernanto alias Mr. D dan Direktur Bisnis dan Pengembangan TIN, Sri Widji Wahyuning Utami, Ketua Yayasan Bali Sruti Dr. Luh Riniti Rahayu, aktivis Bali Sruti I Gusti Ayu Diah Yuniti, dan advokat perempuan Kadek Ary Pramayanty, tokoh muda Bali Tjok. Gede Bayuputra dan Ketua DPD KNPI Provinsi Bali Nyoman Gede Antaguna. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: