Semakin Banyak LPD yang Berminat Mengikuti Pelatihan Analisa Kredit

Semakin Banyak LPD yang Berminat Mengikuti Pelatihan Analisa Kredit

(Baliekbis.com), Setelah LPD Denpasar, LPD Ubung dan LPD Poh Gading melakukan pelatihan bersama tentang Analisa Kredit, pada 20 Nopember 2018 tiga LPD yang terletak di wilayah Denpasar Selatan yaitu, LPD Kepaon, LPD Pemogan dan LPD Pedungan juga melakukan pelatihan bersama untuk materi yang sama yang diberikan oleh praktisi I Ketut Supamuda,S.E. yang sudah berpengalaman lebih dari 34 tahun di industri perbankan.

Gede Sugiartha, Ketua LPD Kepaon yang bertindak sebagai koordinator pelatihan mengatakan bahwa pelatihan Analisa Kredit ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM di bidang perkreditan. “Tujuan lainnya adalah agar SDM perkreditan mampu melakukan proses kredit dengan prinsip kehati-hatian sehingga mencegah munculnya kredit bermasalah,” jelasnya, Selasa (20/11) saat pelatihan.

Pelatihan yang berlangsung hingga sore hari, diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta yang berjumlah 30 orang. Selain diberikan materi-materi terkait dengan kredit modal kerja, investasi dan konsumtif, peserta juga mendapat aplikasi untuk mempermudah dalam melakukan analisis baik mengenai cash-flow maupun informasi-informasi penting lainnya.

Menurut Ketut Supamuda, aplikasinya dibuat dengan prinsip user-friendly agar memudahkan bagi penggunanya. “Sesungguhkan aplikasi ini hanya alat bantu untuk mempercepat analisis data. Namun yang terpenting adalah bagaimana para pejabat kredit mampu mengimplementasikan faktor 5 C’s dalam proses pemberian kreditnya. Utamakan integritas dan hindarkan diri dari benturan kepentingan dalam proses kredit,” imbuhnya lebih lanjut.

Kesan-kesan yang diperoleh oleh peserta selama pelatihan adalah mereka merasa ada perbedaan yang mendasar dibandingkan dengan pelatihan-pelatihan analisa kredit sebelumnya yang hanya membahas teori saja. Sedangkan pelatihan kali ini peserta benar-benar dibimbing hingga mampu menyusun laporan analisa atau memorandum analisa kredit untuk diajukan ke komite kredit. (ksu)