Sekot Rai Iswara Mendem Pedagingan Ring Pelinggih Sumur

(Baliekbis.com), Rangkaian  Karya Pujawali Pedudusan Alit Pura Agung Lokanatha Denpasar yang bertepatan dengan Purnama Kadasa pada tanggal 20 Maret 2019 mendatang sudah mulai dilaksanakan, dimana pada hari ini, bertepatan dengan rahina Redite Umanis Menail, (17/3) dilaksanakan upacara pemelaspasan Bale Paselang dan Palinggih Sumur serta mecaru Rsi Gana di Pura Agung Lokanatha.

Sekda Kota Denpasar AAN. Rai Iswara terlihat khusyuk berbaur bersama pemdek melaksanakan persembahyangan, serta mendem pedagingan di palinggih sumur sebagai stana Dewa Wisnu. Turut hadir dalam upacara tersebut Anggota DPRD Kota Denpasar Wayan Sutama bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar di Lingkungan Kota Denpasar.

Rangkaian upacara telah digelar sejak pagi hari dengan berbagai persiapan yang dipuput Sulinggih Siwa dan Budha yakni Ida Peranda Gede Putra Telaga, dari Griya Gulingan, Sanur Kaja dan Ida Peranda Jelantik Gede Jelantik Giri, dari Griya Budha Jadi Tabanan. Pemelaspasan dan pecaruan ini berlangsung hikmat, diisi dengan tetabuhan, kekidung dan tari rejang renteng.

Kabag Kesra Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan bahwa upacara pemelaspasan dan mendem pedagungan ini dilaksanakan karena baru rampungnya dua bangunan baru di Pura Agung Lokanatha yakni Bale Paselang dan Palinggih Sumur. Dimana pengerjaan dua bangunan ini sudah dimulai pada bulan oktober 2018 lalu dan rampung pada bulan desember 2018.

“Untuk itu setelah rampungnya dua bangunan di Pura Agung Lokanatha ini kami melaksanakan karya padudusan alit serta mecaru resi gana saat piodalan di pura dan besok pada tanggal 18 maret 2019 akan dilaksanakan melasti mepekelem alit lan pemendak di segara padang galak kesiman”, ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan setiap Karya Pujawali setahun sekali ini, bermakna untuk menghaturkan terima kasih ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena berkat rahmat beliaulah semuanya dapat berjalan dengan lancar dan baik dan merasa sangat senang dengan kehadiran Sekda Kota Denpasar bisa berkesempatan hadir serta ikut sembahyang bersama dan mendem pedagingan di pelinggih sumur. (ays)

Berikan Komentar