Sekolah Vokasi UGM Luncurkan Pasar Online untuk UMKM di DIY

(Baliekbis.com), Sekolah Vokasi (SV) UGM melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memfasilitasi pembuatan pasar online bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pasar online diluncurkan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam menjalankan skema kehidupan normal baru.

Faiz Zamsani menyampaikan tersebut dapat diakses  di warungjogja.com dan melalui media sosial facebook dan instagram. Melalui pasar online diharapkan dapat meminimalisir kerumunan dan kontak langsung antara penjual dan pembeli sehingga mencegah penyebaran COVID-19.

Tak hanya itu, pasar online juga ditujukan untuk bisa selalu menghidupkan UMKM dan membantu masyarakat Yogyakarta dalam memenuhi kebutuhan harian. Dengan bertransaksi secara online bisa mengurangi kegiatan di luar rumah.

warungjogja.com ini merupakan  platform penyedia informasi keberadaan UMKM penyedia kebutuhan harian yang ada di sekitar tempat tinggal. Dengan menggunakan platform ini berarti Anda juga teah ikut membantu UMKM,”jelas salah satu pengembang warungjogja.com, Faiz Zamzani, Selasa (2/6).

Pengembangan platform ini dilakukan Faiz bersama dengan timnya yang merupakan dosen dari Departemen Ekonomika dan Bisnis (DEB) serta Dosen dari Dept. Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI) dan Dept. Layanan dan Informasi Kesehatan (DLIKES) SV UGM. Secara khusus pasar online ini memfasilitasi UMKM di wilayah Jogja yang selama ini belum terinfomasikan di media online. UMKM yang tergabung adalah UMKM yang menjual bahan-bahan seperti sembako, gas, air mineral, snack, jajanan pasar, buah, lauk, sayur, daging, ikan, food frozen, multivitamin, dan suplemen/herbal.

Dia mengatakan dengan tersedianya informasi penjualan UMKM tersebut maka masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan para penjual yang disajikan pada website dengan menghubungi melalui kontak (whatsapp) serta dapat melihat lokasi warung tersebut dari rumah masing-masing. Pasar online secara resmi dapat diakses oleh warga Jogja mulai Selasa, 2 Juni 2020. Seemntara bagi UKM yang berminat untuk menginformasikan produknya juga dapat mendaftarkan melalui kontak admin yang disediakan.

Plt. Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Alumni, dan Hubungan Internasional SV UGM, Dr. Silvi Nur Oktalina, S.Hut., M.Si.,  menyampaikan bahwa Program kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2020 ini banyak yang diarahkan dalam rangka tanggap Covid-19. Salah satu adalah pembuatan pasar online dengan nama warungjogja.com.

Menurutnya, kegiatan ini sangat strategis dalam rangka menghubungkan produsen dan konsumen untuk bertransaksi tanpa harus keluar rumah sehingga dapat ikut mengurangi resiko penyebaran COVID-19. Warungjogja.com juga bertujuan untuk membantu UMKM di Jogja memasarkan produk yang dihasilkan sehingga roda perekonomian tetap berjalan.

“Terima kasih kami pada Bapak Faiz Zamzami dan tim yang telah menyiapkan pasar online ini untuk seluruh warga Jogja. Kepada seluruh warga Jogja silahkan dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk  bertransaksi sehingga dapat ikut memotong penyebaran COVID-19. Semoga Allah SWT meridhoi semua niat baik kita dan menjaga seluruh warga jogja tetap sehat sehingga selalu dapat berkarya,”paparnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) DIY, Srie Nurkyatsiwi  sangat mengapresiasi peluncuran pasar online ini. Dia berharap warungjogja.com dapat bersinergi dengan SiBakul yang dibuat oleh Dinkop DIY untuk mengembang sistem dengan pelaku UMKM dalam hal pembinaannya dengan tetap selalu menjaga kualitas dan kontinuitas produk yang dijual. Tidak hanya itu, harapannya sinergi antara UGM dan Diskop atau pemerintah tetap berjalan dengan baik guna menjadi solusi ketahanan pangan serta ketahanan ekonomi daerah pada masa pandemi Covid-19. (ika)

Baca Juga :   SMA Dharma Praja Sediakan 216 Kursi

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: