Sekda Rai Iswara Buka Lomba Simulasi Taman Gegirangan Pelestarian Budaya Kota Denpasar

img_0973

 

(Baliekbis.com), Sebagai langkah penguatan jati diri masyarakat Kota Denpasar yang berlandaskan kebudayaan Bali, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kebudayaan Kota Denpasar mengadakan Lomba Simulasi Taman Gegirangan Pelestarian Budaya Daerah Kota Denpasar Tahun 2016. Kegiatan yang dibuka secara langsung Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara didampingi Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede dengan penyerahan perangkat lomba kepada masing-masing perwakilan dari setiap Kecamatan pada Sabtu (8/10) di Balai Banjar Kedaton Sumerta. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Plt. Kadis Kebudayaan Kota Denpasar Nyoman Sujati, Camat se-Kota Denpasar, Bendesa se-Kota Denpasar serta seluruh undangan lainnya.

“Lomba Simulasi Taman Gegirangan Pelestarian Budaya Daerah Kota Denpasar yang merupakan suatu langkah Pemkot Denpasar dalam upaya penguatan jati diri masyarakat, kegiatan ini menampilkan pentas seni cara-cara menyelesaikan permasalahan Pahyangan, Pawongan , dan Palemahan secara musyawarah adat yang beradab”, demikian disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Ir. I Wayan Meganada disela-sela kegiatan lomba Simulasi Taman Gegirangan Pelestarian Budaya Daerah Kota Denpasar.

Kegiatan ini lebih lanjut Meganada mengatakan, merupakan serangkaian kegiatan pembinaan penataan Kelembagaan dan Evaluasi Desa Pakraman di Kota Denpasar yang telah dilakukan sejak tanggal 1 Juni sampai dengan 26 September 2016. Lomba Simulasi Pelestarian Budaya Daerah yang menampilkan duta dari masing-masing Kecamatan yakni Seka Simulasi Taman Gegirangan Merdukomala Desa Pakraman Padang Sambian Duta Kecamatan Denpasar Barat, Sekaa Simulasi Taman Gegirangan Arsa Winangun Desa Pakraman Pohgading Duta Kecamatan Denpasar Utara, Sekaa Simulasi Taman Gegirangan Werdi Widya Utama Desa Pakraman Pagan Duta Kecamatan Denpasar Timur, dan Sekaa Simulasi Taman Gegirangan Pramartha Jaya Desa Pakraman Panjer Duta Kecamatan Denpasar Selatan.

Sedangkan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara mengatakan, Kegiatan ini merupakan suatu langkah Pemkot Denpasar melalui Walikota IB. Rai Dharmawijaya mantra dan Wakil Walikota IGN Jaya Negara dalam membentuk perubahan sikap mental masyarakat dalam berpendapat, beragumentasi dalam forum diskusi secara beretika adat Bali dan merupakan suatu wujud penguatan jati diri masyarakat Kota Denpasar melalui pentas seni yang tak terlepas dari kebudayaan Bali. Selain menjadi sarana hiburan, kegiatan ini juga upaya meningkatkan kecerdasan masyarakat melalui diskusi dan dialog serta membentuk sifat terbuka dalam musyawarah untuk mufakat dalam system demokrasi yang diimplementasikan dari Visi Misi Kota Denpasar yakni “Denpasar Kreatif Berwawasan Budaya dalam Kesimbangan Menuju Keharmonisan,” ujar Rai Iswara.

Dalam kegiatan tersebut langsung diumumkan Pemenang Lomba Desa Pakraman Kota Denpasar yakni Desa Pakraman Panjer Duta Kecamatan Denpasar Selatan dan Pemenang Lomba Simulasi Taman Gegirangan yakni Sekaa Simulasi Taman Gegirangan Werdi Widya Utama Desa Pakraman Pagan Duta Kecamatan DenpasarTimur. (eka/ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: