Rumah Kreatif BUMN PLN Bali Bina Ratusan UKM Go Digital

(Baliekbis.com), Rumah Kreatif BUMN (RKB) Denpasar yang dikelola PT. PLN Distribusi Bali telah berhasil membawa pelaku UKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) binaannya go digital. Sejumlah produknya pun sudah dipasarkan secara online baik melalui platform e-commerce Blanja.com maupun lewat website dan media sosial masing-masing pelaku UKM lokal Bali ini.

“RKB menjadi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk ekosistem ekonomi digital melalui pembinaan UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya,” kata General Manager PLN Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni Astawa  dalam sambutannya yang disampaikan Manajer Distribusi PT PLN Distribusi Bali, Eko Mulyo saat menerima kunjungan puluhan siswa SMA di Kalimantan Timur yang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Jumat (17/8) di RKB/PLN Bali Jalan Sesetan Denpasar.

RKB diproyeksikan sebagai pusat data dan informasi serta edukasi, pengembangan dan digitalisasi UKM. “Tujuan utama RKB adalah peningkatan kapasitas dan kapabilitas UKM sehingga dapat terwujud UKM Indonesia yang berkualitas,” kata Suwarjoni Astawa. RKB yang dikelola PLN Bali ini memberikan pelatihan kepada para UKM dengan materi yang dibutuhkan. Lalu ada berbagi pengetahuan (sharing knowledge) dari UKM yang sudah berpengalaman dan lebih mumpuni di bidangnya kepada UKM lain. Para UKM juga diajak ikut pameran baik lokal maupun nasional. “Kami mengajak para UKM di Bali untuk bergabung di RKB agar bisa go digital dan meningkatkan daya saing,” kata Suwarjoni Astawa.

Manajer Bidang Komunikasi Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Bali Ferial Maricar menambahkan saat ini ada 114 pelaku UKM binaan RKB yang dikelola PLN Distribusi Bali. Namun belum semunya bisa memasarkan produknya secara online dan go digital.  “Baru 12 UKM yang sudah masuk ke e-commerce Blanja.com. Sisanya kami dorong dan ajak melengkapi dokumennya,” ujarnya. Para pelaku UKM ini juga dilatih melakukan pemasaran digital seperti di media sosial, membuat web sendiri, termasuk latihan memasarkan produk di Blanja.com. “RKB juga memberikan pelatihan manajemen. Misalnya bagaimana mengolah bahan mentah sampai jadi dan juga mengelola keuangan. Tujuannya agar pendapatan mereka meningkat,” pungkasnya. (wbp)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: