RUM Unud-Atnews Gelar Seminar Kepemimpinan dan Workshop Jurnalistik

(Baliekbis.com),Ketua Kwarda Bali Made Rentin membuka Seminar Kepemimpinan dan Workshop Jurnalistik dalam rangkaian Hari Pers Nasional dan Hari Boden Powel di Monumen Perjuangan Bangsa yang juga Kantor Atnews Badung, Minggu (9/2/2020).

Kegiatan itu dilaksanakan UKM Pramuka Racana Udayana Mahendradrata Kampus Unud bekerja sama dengan Media Pers Online Atnews yang dimeriahkan Marcing Band Udayana (MBU). Dengan mengusung tema “Leadership and Journalism for Millenial: The Way to Increase Nation Spirit”.
Didukung oleh Gugus Kebangsaan Provinsi Bali (MPB, GNNP Bali, DHD45, KMI, NCPI, NCPI Bali, DPD PUTRI, IWAPI Denpasar, IVS, Atnews) dan JCI Bali.

Rentin mendukung program tersebut dalam membekali generasi milineal dari kaum akademisi dan intelektual. Kalangan itu merupakan kelompok yang akan membawa perubahan besar bagi kemajuan bangsa. Untuk itu, pemahaman kepemimpinan dan jurnalistik dapat dijadikan bekal dalam mengisi kemerdekaan dan menuju Indonesia maju SDM unggul.

Hal itu sejalan dengan program Pemerintah Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.Bahkan pramuka dapat menjadi garda terdepan dalam mengawal keutuhan bangsa dan NKRI.
Oleh karena, pramuka dicanangkan menjadi pendamping utama TNI Polri. “Bahkan Kwarda Bali akan melakukan kerjasama (MoU) dengan Menwa membentuk kader-kader bela negara,” ujar Rentin.

Sementara itu, Pembina Racana UM Prof. I Putu Gede Adiatmika mengingatkan agar anggota pramuka menjadi pelopor memanfatkan teknologi sesuai kode etik jurnalistik. “Kalau dulu ada pepatah mulutmu adalah harimaumu tapi saat ini jempolmu adalah harimaumu,” ungkapnya.

Diharapkan peserta bisa menyerap materi dengan baik yang digunakan dalam menempuh pendidikan maupun kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter dan kepemimpinan pramuka merupakan modal utama membangun SDM Indonesia.

Direktur Atnews I W Artaya

Sedangkan Direktur Atnews I Wayan Artaya berharap acara itu dijadikan momentum menyadarkan anggota pramuka agar mampu memilah berita sungguh-sungguh dengan berita bohong (hoax). “Jangan sampai kita terlibat ikut menyebarkan hoax yang merugikan publik dan masyarakat,” ungkapnya.

Maka materi disampaikan dalam acara dapat memberikan kecerdasan dan pengetahuan yang lebih mendalam terkait jurnalistik. Pada momentum Hari Pers Nasional dan Boden Powel dapat menggaungkan kesadaran masyarakat anti hoax.

Ketua RUM Unud I Putu Dharma Putra Adnyana mengharapkan kader penerus dapat memliki kemampuan jurnalistik dengan baik serta memiliki etika dalam pembuatan berita dan juga memiliki karakter bangsa dan bela negara dalam setiap penyelenggaraan tata kelola dewan racana. (art)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: