Ribuan Warga Iringi Pengabenan IGK Adhiputra, S.H

(Baliekbis.com), Upacara pengabenan politisi yang juga tokoh Golkar Bali IGK Adhiputra,S.H., Sabtu (13/1) di Setra Ganda Bayu Kerobokan Badung berlangsung lancar. Ribuan warga mengiringi prosesi  “Ngaben Ngewangun” almarhum yang berlangsung sejak pagi hingga petang.

Selain ribuan warga yang tampak penuh semangat mengiringi jenazah tokoh panutan tersebut, juga hadir Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Sekjen Golkar Idrus Marham dan sejumlah politisi serta tokoh di antaranya mantan Bupati Badung AA Gde Agung, Mantan Bupati Buleleng Wirata Sindhu bahkan juga nampak aktor Roy Martin yang mengikuti upacara pembakaran jenazah hingga selesai.

Jalannya prosesi Ngaben Ngewangun yang terbilang langka dalam beberapa tahun terakhir ini berlangsung lancar meski di tengah terik matahari dan melalui jalan yang cukup panjang dari rumah duka hingga setra. Bahkan beberapa kali pengusung “wadah” yang tingginya sekitar 11 meter itu harus berhenti karena saking beratnya wadah yang diusung. Namun demikian semangat warga yang penuh kebersamaan tetap tinggi, mengusung jenazah almarhum hingga setra.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto saat melepas keberangkatan jenazah IGK Adhiputra,S.H. dalam sambutan singkatnya mengatakan apa yang telah dilakukan almarhum patut dicontoh. Almarhum adalah tokoh, politisi dan figur yang patut menjadi panutan dan telah mengabdikan dirinya untuk bangsa dan daerahnya.

Sementara putra sulung almarhum, AAB Adhi Mahendra Putra, di sela-sela upacara pelebon mengatakan apa yang dilakukan sang ayah lebih banyak karena pengabdian. Bahkan Adhiputra rela melepas profesinya sebagai jaksa ketika partai memintanya untuk mengabdi di sana. “Ajik juga mengabdi untuk LKMD selama 20 tahun,” ujar Gus Adhi yang kini sebagai Anggota DPR-RI.

Amarhum IGK Adhiputra,S.H. menghembuskan nafas terakhir di RS Siloam Jakarta, pada 24 Desember 2017 malam. Alamarhum merintis karirnya dari bawah hingga ke tingkat Nasional. Selain karir politiknya yang menonjol, sosok Adhiputra juga dikenal karena ketokohannya yang mumpuni, Berbagai jabatan dan jenjang karir telah diukir Adhiputra, mulai sebagai Ketua DPRD Badung, Wakil Ketua DPRD Bali hingga menuju Senayan.

Di organisasi, karir sang patriot juga tak kalah cemerlang. Selain menjabat Ketua DPD Golkar Badung, sederet jabatan juga dipercayakan kepada mantan jaksa di Kejati Bali ini, di antaranya sebagai Ketua KONI Bali dan selama dua dekade dipercaya menjadi Ketua LKMD di desanya dan sederet jabatan sosial lainnya. Adhiputra juga peduli dengan dunia pendidikan dengan mendirikan TK, SMP dan SMA Ngurah Rai yang masih eksis hingga sekarang.

“Almarhum sekitar setengah abad menghabiskan waktunya di pemerintahan, organisasi dan politik,” jelas Gus Adhi mengenang sang ayah yang diakuinya sangat disiplin ini. Kini Sang Patriot Adhiputra telah berpulang dalam usia 73 tahun. Namun jasa-jasa beliau tentu akan tetap abadi. Selamat Jalan Ajik, Selamat Jalan PemimpinKu, Semoga Engkau tenang di sisi-Nya. (bas)

 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: