Reses Dr. Mangku Pastika, Puji Ajik Krisna Jadi Petani Kacang

(Baliekbis.com), Langkah owner Krisna Oleh Oleh Gusti Ngurah Anom yang akrab disapa Ajik Krisna terjun ke dunia pertanian di saat pandemi ini diapresiasi Anggota DPD RI Dr. Made Mangku Pastika. Langkah itu selain turut merawat alam juga menyerap tenaga kerja.

“Perubahan yang dilakukan Ajik Krisna dari bisnis oleh-oleh ke pertanian ini patut didukung. Saya salut mau berubah, apalagi ke sektor pertanian,” ujar Mangku Pastika saat Reses via vidcon, Senin (26/7) dari DPD RI Perwakilan Bali di Renon.

Reses mengangkat tema “Reorientasi Pengembangan Pertanian di Tengah Pandemi Covid 19” dipandu Tim Ahli Nyoman Wiratmaja didampingi Ketut Ngastawa dan Nyoman Baskara menghadirkan narasumber Kelompok Tani Ajik Krisna.

Mangku Pastika mengatakan perubahan itu sebagai hal yang pasti. Yang penting berubah itu untuk hal kreatif dan positif. “Saya kira tepat terjun ke pertanian. Namun bertani itu harus modern, menerapkan teknologi agar hasilnya bagus,” jelas mantan Gubernur Bali dua periode ini.

Dikatakan ke depan orang berpikir kesehatan. Jadi akan kembali ke herbal. Orang mengutamakan makan dan obat biar sehat. “Saya salut mau cepat berubah, bekerja dan tidak menunggu. Jimmy Carter sebelum jadi presiden asalnya petani kacang. Melihat semangat mereka saya optimis Bali takkan bangkrut karena pandemi ini,” ujarnya.

Sementara Ajik Krisna mengatakan karena pandemi ini ia sempat merumahkan 2.000 karyawannya. Namun kemudian dia bangkit jadi petani kacang dan ternyata hasilnya bagus. Kacang yang diolahnya laku keras sehingga ia bisa kembali mempekerjakan karyawannya.

“Saya datangi karyawan satu persatu. Saya jual mobil. Saya berpikir harus bangkit, pulang kampung. Lalu tanam kacang di lahan 23 hektar. Separo hasil panen saya sumbangkan ke masyarakat dan sisanya diolah dan dijual,” kenangnya.

Kini Ajik Krisna tambah yakin dengan menggeluti dunia pertanian. Ia pun mengembangkan berbagai produk dari produk pertanian di antaranya Minyak Ajik yang segera launching Agustus nanti. “Saya juga dibantu petani tanam apotik hidup seperti jahe, sereh, dll,” jelasnya didampingi
rekannya Nyoman Sukra alias Dolphin yang juga sangat peduli dengan lingkungan dan pertanian. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: