Reses Dr. Mangku Pastika, M.M., Dorong Pengusaha Berkolaborasi Hadapi Persaingan Pasar

(Baliekbis.com), Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Bali Dr. Made Mangku Pastika,M.M. mengaku salut dengan terobosan dan ide-ide pengusaha mengembangkan potensi yang ada di saat pandemi ini.

“Yang penting kita tahu pandemi ini bukan khayalan, karena tiap hari banyak yang terpapar. Ini berdampak ke ekonomi dan keuangan negara.
Meski covid tak pasti, tapi ‘life must go on’. Jadi apa yang harus dilakukan, ya kerjakan sekarang. Harus bangkit dan jangan menyerah,” ujar Dr. Mangku Pastika saat acara reses secara vidcon, Rabu (24/2).

Acara reses yang dipandu Tim Ahli Nyoman Wiratmaja didampingi Ketut Ngastawa dan Nyoman Bhaskara hadir sebagai narasumber dari Tabanan Hub yang mewadahi tujuh organisasi dan asosiasi di antaranya Kadin, PHRI, NCPI dan JCI serta dari Lembongan Community yang mengembangkan rumput laut.

Mangku Pastika juga memuji langkah-langkah yang dilakukan Tabanan Hub yang merupakan gabungan sejumlah asosiasi dan organisasi seperti Kadin, NCPI, JCI, PHRI, dll yang tidak tinggal diam dalam ikut serta memajukan dunia usaha dan pembangunan khususnya di Tabanan.

Mangku Pastika

Dikatakan kolaborasi saat ini menjadi hal penting. Sebab dalam kondisi sekarang ini tanpa berkolaborasi maka takkan mampu bersaing. Beberapa usaha besar juga melakukan hal ini. “Jadi bisa memanfaatkan perbankan untuk permodalan. Juga ada Jamkrida yang bisa mendukung termasuk memanfaatkan wadah koperasi untuk membantu pemasaran,” tambah mantan Gubernur Bali dua periode ini.

Mangku Pastika mengatakan dalam dunia usaha, keberadaan data base, TI menjadi hal sangat penting. Pasar harus terus diperluas agar harga tak dipermainkan.

Sementara itu Kadek Surya Prasetya mewakili Tabanan Hub mengatakan akibat pandemi, daerah lumbung berasnya Bali itu mengalami penurunan ekonomi hingga minus 5 persen). Padahal Tabanan memiliki potensi luas baik pariwisata maupun sektor pertanian.

Ke depan, pihaknya akan melibatkan anak muda lebih banyak lagi ikut terjun untuk pembangunan. “Program Tabanan Hub saat ini sangat terbantu dengan keterlibatan bank. Ada simbiose mutualisme dalam menjalankan program, seperti¬†Desa Wisata Amazing Race,” jelas Kadek Surya.

Hal senada disampaikan Ketua PHRI Tabanan IGB Damara dan Ketua Kadin Tabanan Loka Antara yang pada intinya berharap apa yang dilakukan saat ini bisa didukung.

“Tabanan banyak potensi (pertanian). Tapi petani kini tak punya uang beli bibit, petani juga perlu ada pelatihan-pelatihan. Kami berharap Pak Mangku Pastika bisa memfasilitasi,” ujar Loka Antara yang juga mantan Anggota DPRD Tabanan.

Penasihat Tabanan Hub Putu Dyana Putra menambahkan pihaknya sudah mengajukan proposal pengembangan desa wisata ke Kemenparekraf tapi sampai saat ini belum ada realisasinya. “Mohon Pak Mangku Pastika bisa menjembataninya,” harapnya. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: