Rektor UNR: Jangan Ada PTN Buka Kelas Ekstensi

(Baliekbis.com), Selama ini pemerintah memang belum bisa memberi perlakuan setara terhadap PTS, meskipun sering gembar-gembor PTN dan PTS harus mendapat porsi seimbang. “Kebijakan PTN membuka kelas ekstensi atau non regular sudah saatnya dievaluasi,”ujar Rektor Universitas Ngurah Rai (UNR) Dr. Drs. Nyoman Sura Adi Tenaya , M.Si, Senin (21/8).

Dikatkan, selama ini pelaksanaan pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) tidak semata-mata bisa dituntaskan begitu saja oleh  PTN tanpa juga didukung oleh PTS. Pemerintah pusat maupun daerah sudah saatnya memprioritaskan pengembangan PTS agar tidak ketinggalan jauh dengan PTN. “Selama ini kualitas PTS diminta sama dengan PTN, tetapi pada realitanya PTS senantiasa mendapat perlakuan berbeda,”terangnya.

Kemudian, aspirasi PTS harus juga diakomodasi. Bila perlu PTN dan PTS mendapat anggaran yang sama. Acuannya adalah konteks pengembangan pendidikan tinggi secara menyeluruh harus diseimbangkan. “Dan saya sendiri tidak setuju bila ada PTN membuka kelas ekstensi atau kelas non regular. Bila perlu PTN juga memberikan kesempatan kepada PTS agar sama-sama maju dan berkembang sebagai bagian utuk ikut mensukseskan dunia pendidikan di perguruan tinggi,”tegasnya. Dikatakan kemajuan dunia pendidikan tidak serta merta bisa ditunjang  hanya dari satu sisi melainkan dari banyak sisi. Keharmonisan dan kerja sama antara PTN dan PTS harus terus dibina dan dijaga dengan baik. Kalau motifnya hanya untuk kepentingan semata tentunya hal itu tidaklah baik. “Kemenriset Dikti hendaknya segera melakukan pengawasan baik secara berkala dan berkelanjutan kepada PTN yang masih membuka kelas eketensi atau kelas non regular,”ucapnya.

Ditambahkan, UNR jelang melaksanakan Wisuda Sarjana ke-35 di Hotel Inna Grend Bali Beach, Sanur pata tanggal 11 September 2017, pada Agustus 2017 ini rencananya akan mulai meletakkan batu pertama terkait pelaksanaan pembangunan gedung baru Pascasarjana. Dimana gedung baru ini akan dibuat empat tingkat dan di bawahnya terdapat parkir bawah tanah (basement). (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: