RAT KSP Sila Mukti, Asetnya Tumbuh Menjadi Rp65 Miliar

(Baliekbis.com),Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sila Mukti menggelar rapat anggota tahunan (RAT) tepat waktu, bertempat di Artha Agung Restaurant & Resort Menanga – Rendang Karangasem, Sabtu (15/2/2020). Hal itu sebagai sebuah pertanggungjawaban dan salah satu indikator koperasi yang sehat.

Ketua Sila Mukti I Wayan Dirgantara S, S.Ag.,MM menyampaikan pertumbuhan koperasi tahun buku 2019 mengalami peningkatan. Tercatat KSP Sila Mukti berhasil membukukan aset sebesar hampir Rp 65 miliar atau naik sebesar 51% dari tahun sebelumnya.

Dalam laporan pertanggungjawaban disampaikan pertumbuhan ekuitas mengalami peningkatan sebesar 48 % menjadi Rp26,6 miliar, dana yang terakumulasi sekitar Rp 36 miliar atau meningkat kurang lebih 57 % persen dibanding tahun 2018. “Ini menandakan tingkat kepercayaan anggota untuk pengelolaan dananya di Sila Mukti sangat baik,” jelas Dirgantara.

Pertumbuhan sektor dana tentu saja mesti berkolerasi positif dibarengi tumbuhnya sektor pinjaman. Diakui oleh Dirgantara, pinjaman yang diberikan selama 2019 sebesar Rp 33,1miliar dimana saldo piutang sebesar 49,1 miliar atau mengalami kenaikan Rp11 miliar (29%). Anggota juga tumbuh signifikan dari 4.462 orang pada 2018 naik menjadi 4.948 orang.

Adanya kenaikan pencapaian dari tahun sebelumnya dan tercapainya target usaha telah berdampak pada pertumbuhan sisa hasil usaha (SHU). SHU KSP Sila Mukti tercapai 90 % dari target yang ditetapkan, mengalami kenaikan sebesar 77% dari tahun buku 2018. “SHU bagi KSP Sila Mukti bukanlah satu-satunya tujuan, sebagai koperasi yang mempunyai prinsip oleh dari dan untuk anggota beberapa keuntungan sudah anggota dapat nikmati terlebih dahulu dalam proses perjalanannya sebelum semua itu bermuara sebagai SHU,” jelas Dirgantara.

Di antaranya bunga simpanan yang lebih tinggi, bunga pinjaman yang kompetitif, perlakuan khusus kepada anggota berupa pemberian souvenir, bingkisan, program jalan-jalan, tirtayatra, pemberian gebyar hadiah, donasi event dan kegiatan sosial serta pembangunan daerah kerja termasuk kesejahteraan karyawan menjadi prioritas penting.

Sekretaris KSP Sila Mukti Ni Luh Putu Renasih didampingi bendahara I Wayan Sudiana Putra menyampaikan kekurangan dan kendala yang ada akan diperbaiki secara kualitas di tahun buku berikutnya yang dituangkan dalam Rencana Kerja berupa peningkatan kualitas sumber daya meliputi manusia (pengelola), teknologi (jaringan IT & sistem), Metode (cara kerja yang lebih efektif & efisien) dan segmen pasar (segmentasi produk Sila Mukti sesuai kebutuhan pasar). Sehingga dari pembenahan tersebut diharapkan terjadi keseimbangan antara beban biaya dengan pendapatan.

Dalam kesempatan tersebut seperti apa yang disampaikan oleh I Putu Rudin selaku Manager Umum di KSP Sila Mukti juga dilakukan apresiasi kepada karyawan dengan indikator berbasis kinerja dan pencapaian selama 1 tahun berjalan, dimana tahun ini diraih oleh Ni Luh Putu Diantari dari Front Office divisi Administrasi, I Wayan Mertayasa Bagian Pinjaman, Ni Nengah Jeriani dari Bagian Simpanan Divisi Simka Citra dan Ni Luh Reni dari Bagian Simpanan Divisi Simpanan Sehati. Sedangkan I Wayan Sudana sebagai karyawan yang berdedikasi.

Insan Sila Mukti yang memiliki masa kerja 15 tahun juga diganjar dengan penghargaan dan pin emas pengabdian. Apresiasi kepada anggota juga dipersembahkan Gebyar Simpanan Berhadiah. Anggota yang beruntung mendapatkan 1 Unit Sepeda Motor PCX adalah Pande Putu Ananda Praditya Artana dari Lingkungan Sampiang Gianyar (anggota Kantor Cabang Gianyar) dan 1 Unit Sepeda Motor Scoopy diraih I Nengah Suarsa
alamat Br. Dinas Pegubugan, Duda, Selat , Karangasem (anggota Kantor Cabang Pembantu Batubulan).

Sementara 1 Unit Kulkas Maspion diraih Pande Ni Luh Sitya Dewi alamat Br.Dinas Besakih, Rendang, Karangasem (anggota Kantor Cabang Pembantu Batubulan), 1 Unit Mesin Cuci Polytron pemenangnya Ni Wayan Sutama alamat Br.Dinas Batang, Besakih, Rendang, Karangasem (anggota Kantor Pusat) dan 1 Unit Sepeda Gunung Merk Atlantis diraih I Nengah Dania alamat Br.Dinas Rendang, Rendang, Karangasem (anggota Kantor Besakih Karangasem). (yes)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: