Rapim Kodam, Pangdam Tekankan Penyamaan Persepsi dan Efektivitas Pencapaian Tugas Pokok

(Baliekbis.com),Sebagai tindak lanjut dari Rapat Pimpinan TNI Angkatan Darat Tahun 2019 yang dilaksanakan pada Februari lalu di Mabesad, Kodam IX/Udayana menggelar Rapat Pimpinan Kodam IX/Udayana pada Selasa (19/2) yang dibuka Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, di Makodam IX/Udayana.

Rapat Pimpinan Kodam ini diikuti para unsur komandan/pimpinan mulai dari satuan setingkat Detasemen, Batalyon, Kodim, Balak dan Korem dengan jumlah 110 peserta dari Satuan jajaran Kodam IX/Udayana yang tersebar meliputi Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Rapim dengan tema “Kodam IX/Udayana Yang Profesional, Loyal Dan Manunggal Dengan Rakyat Siap Mendukung Tugas Pokok TNI AD”.

Dengan tema ini diharapkan mampu menjadi pendorong para peserta Rapim untuk semakin memantapkan keberhasilan tugas satuan dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran tahun 2019. Pangdam sebagai pimpinan rapat menyampaikan tujuan rapim adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan anggaran tahun 2018.

Di samping juga untuk menyampaikan pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI AD, menyamakan visi, misi dan persepsi serta meningkatkan soliditas para unsur pimpinan di lingkungan Kodam IX/Udayana dalam rangka mendukung efektivitas pencapaian tugas pokok TNI AD tahun 2019.

Dalam Rapim ini disampaikan kebijakan dan program kerja Kodam IX/Udayana tahun 2019 sebagai penjabaran dari kebijakan pimpinan TNI AD, untuk dapat dijabarkan lebih lanjut di tiap satuan jajaran Kodam IX/Udayana. “Sehingga dapat mencapai sasaran dilandasi dengan tertib administrasi untuk mencapai Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” harap Pangdam.

Kemudian memasuki pentahapan pembangunan postur TNI AD tahap keempat dalam Rencana Strategis (Renstra) mendatang, Pangdam mengharapkan Renstra Kodam IX/Udayana tahun 2020-2024 dapat disusun secara komprehensif dengan memperhatikan program prioritas TNI AD khususnya pembangunan kekuatan Kodam IX/Udayana.

Selanjutnya yang perlu mendapatkan atensi dari kita semua dalam tahun politik ini, terkait dengan pemilu Legislatif dan Presiden pada 17 April mendatang, tidak menutup kemungkinan suhu politik dan potensi konflik dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 ini akan meningkat.

“Untuk menyikapi proses demokrasi ini kita harus meningkatkan kewaspadaan dan bertindak sesuai prosedur sehingga pelaksanaan Pemilu Legislatif maupun Presiden 2019 dapat berjalan dengan lancar dan aman,” tegas Pangdam.

Di akhir amanatnya, Pangdam juga menekankan kepada seluruh peserta agar mengikuti Rapim ini dengan fokus dan penuh kebanggaan terhadap profesi sebagai TNI. “Bekerjalah dengan profesional dan loyalitas yang tinggi serta jalin kebersamaan dalam setiap pelaksanaan tugas,” ujar Pangdam.

Para pejabat teras Kodam yang hadir antara lain Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, Danrem 161/Wira Sakti, Irdam IX/Udayana, Danrem 162/Wira Bhakti, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Asisten Kasdam, Kapoksahli Pangdam, Perwira Staf Ahli Pangdam, Staf Khusus Pangdam dan Komandan/Kabalak satuan jajaran Kodam IX/Udayana. (pen)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: