Rakorbang 2021, Warek III Undiksha: Tingkatkan Prestasi Dukung Klasterisasi

(Baliekbis.com),Wakil Rektor III Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Prof. Dr. I Wayan Suastra,M.Pd., memberikan paparan dalam Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) tahun 2021, Selasa (3/12/2019). Akademisi asal Klungkung ini salah satunya memberikan perhatian serius dalam peningkatan prestasi mahasiswa yang sangat penting untuk mendukung klasterisasi institusi, baik tingkat nasional maupun internasional.

Prestasi yang ditorehkan mahasiswa Undiksha cenderung meningkat setiap tahun. Hal itu tidak hanya pada bidang non akademik, tetapi juga akademik. Skalanya pun tidak hanya tingkat regional, namun juga tingkat nasional dan internasional. “Kami ingin meningkatkan prestasi mendukung klasterisasi, terutama yang skala internasional. Tahun ini sudah ada beberapa. Yang terakhir diraih mahasiswa Fakultas Kedokteran pada ajang di Singapura,” sebutnya.

Mewujudkan target itu, tidak hanya cukup didukung oleh semangat mahasiswa, namun juga harus ada gerakan gayung bersambut dari dosen yang berperan sebagai pembimbing. Sepertinya halnya dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang menjadi salah satu ajang bergengsi di tingkat nasional. “Bimbingan ini perlu diintensifkan lagi. Karena beberapa ditemukan mahasiswa sulit mencari pembimbing,” katanya.

Pelaksanaan kegiatan oleh organisasi kemahasiswaan juga turut menjadi perhatian. Seluruhnya diinginkan bisa mendukung klaterisasi institusi. Bukan hanya sekadar sebagai penyelenggara, tetapi tidak memberikan dampak apapun. “Pelaksanaan lomba juga dicermati. Kami mendorong supaya kegiatan yang dibuat memberikan manfaat pada lembaga,” ujarnya.

Sebagai perguruan tinggi, Undiksha tidak hanya memiliki tanggung jawab melahirkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja. Tetapi juga mampu mencetak para entrepreneur. Saat ini maupun pada 2021, hal itu tidak luput dari perhatian. Melalui UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PKKM), pembinaan semakin diintensifkan. “Program magang mahasiswa di BUMN juga perlu ditingkatkan lagi. Ini memberikan pengalaman untuk mahasiswa,” kata mantan Direktur Pascasarjana Undiksha ini. (psa)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: