Raih SHU, Pak Oles: Koperasi Sejahterakan Semua Anggota

(Baliekbis.com), Kehadiran wadah Koperasi Karya Pak Oles yang tergolong sehat, karena mampu meraih sisa hasil usaha (SHU) yang terus meningkat setiap tahunnya dan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat pada waktunya itu mampu meningkatkan kesejahteraan anggota bersama,  seluruhnya adalah karyawan perusahaan yang berbasis obat-obatan tradisional.

“Koperasi yang hanya menangani kegiatan simpan pinjam dalam tahun 2019, untuk aset, laba, SHU yang dibagi untuk anggota dan uang beredar mengalami peningkatan yang tajam dari tahun sebelumnya,” kata Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr selaku pembina Koperasi  pada RAT Koperasi di Bokashi Farm, Jl. Waribang, Kesiman, Denpasar Timur, Selasa (21/1).

Pak Oles menjelaskan, koperasi karyawan yang mengalami perkembangan pesat itu bisa memberikan kesejahteraan bersama kepada anggota serta memberikan kemudahan kepada karyawan untuk meminjam dana dengan bunga yang ringan.

Namun kemudahan itu tidak disalahgunakan oleh anggota, karena pinjaman itu harus disertai dengan mencicil kewajiban berupa pinjaman pokok dan bunga setiap bulan. Pengurus koperasi dalam memberi pinjaman kepada anggota juga harus hati-hati dengan memperhatikan kemampuan membayar cicilan.  “Dengan demikian kehadiran koperasi tentu sangat membantu anggota  mengatasi kesulitan dalan bidang keuangan, sehingga mereka dapat fokus bekerja sesuai bidang tugas masing-masing,” ujarnya.

Ketua Pengurus Koperasi Karya Pak Oles,  Gede Ginarka menjelaskan, anggota koperasi tahun 2019 sebanyak 441 orang, berkurang 16 orang akibat mereka pensiun dibanding tahun sebelumnya tercatat 457 orang. Aset koperasi dan laba yang mencapai miliaran rupiah itu mengalami peningkatan pesat dibanding tahun sebelumnya.

Demikian pula hasil sisa usaha yang dibagi dan uang yang beredar juga mengalami peningkatan yang pesat. “Door prise” tabungan sukarela dan wajib tahun 2019 itu sebesar Rp 76,6 juta kepada 150 anggota yang beruntung, naik dibanding tahun sebelumnya hanya Rp 75,2 juta kepada 150 anggota yang bernasib baik lewat undian yang diacak lewat perangkat komputer.

Besaran hadiah tersebut bervariasi mulai dari Rp125.000 per orang hingga mencapai Rp4 juta untuk satu orang. Proses pengundian “door prise” paling seru dan menegangkan, karena satu orang bisa meraih tiga hingga empat hadiah, tergantung aktivitasnya, baik meminjam maupun menabung di wadah Koperasi Karya Pak Oles tersebut.

Dalam Rapat Anggota Tahunan  yang dihadiri seluruh anggota di unit-unit usaha PT Karya Pak Oles Grup  di Kota Denpasar dan Desa Bengkel, Kabupaten Buleleng itu,  Bendahara koperasi Ni Made  Lidyawati membacakan secara rinci aktivitas koperasi selama tahun 2019, serta laba dan sisa hasil usaha yang diperoleh.

Pembina II Koperasi Karya Pak Oles, Ir. H. Agus Urson Hadi Pramono memandu anggota tentang kesepakatan bersama menyangkut pembayaran  iuran wajib  Rp 100.000 dan iuran sukarela Rp 50.000 per orang setiap bulannya. Koperasi Karya Pak Oles menerapkan SHU yang lebih besar dan peluang memproleh  door prize yang banyak kepada anggota yang mempunyai tabungan atau meminjam kredit di wadah perekonomian tersebut. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: