Rai Mantra: LPD dan Koperasi adalah Sokoguru Perekonomian Bali

(Baliekbis.com), Calon Gubernur Bali nomor urut dua Ida bagus Rai Dharmawijaya Mantra menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pedagang Kaki Lima Membah Sari Denpasar pada Minggu (18/2/2018) di Balai Banjar Purnama Asri, Denpasar yang dihadiri ratusan anggotanya.

Kehadiran Rai Mantra sendiri karena diundang dalam kapasitasnnya sebagai tokoh yang mendorong lahirnya koperasi tersebut dan menyokong perkembangannya. Rai Mantra dalam kesempatan ini mengucapkan selamat kepada pengurus, pengawas dan anggota koperasi karena menjadikan Koperasi Membah Sari sebagai koperasi yang sehat. Tata kelola koperasi yang sehat membuat Kota Denpasar beberapa kali meraih penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM.

“Koperasi merupakan instrumen dari ekonomi kerakyatan yang oleh para pendiri republik ini ditenpatkan sebagai soko guru perekonomian Indonesia,” kata Rai mantra.  Selain Koperasi, instrument penting lainnya yang menjadi tulang punggung perekonomian Bali adalah Lembaga Perkrediran Desa (LPD) dan Pasar Desa. Baik koperasi, LPD maupun pasar desa adalah penyangga ekonomi masyarakat desa dan menjadi benteng ketahanan desa adat di Bali. Ketiga instrumen ini harus dikembangkan dengan sungguh-sungguh untuk ketahanan budaya Bali di masa datang. “Kalau ketiga instrumen ekonomi ini dipertahankan dan dikembangkan maka secara otomatis memicu kesejahteraan sekaligus mempertahankan budaya Bali,” kata Rai Mantra.

Sementara itu, Pengelola Koperasi Pedagang Kaki Lima Membah Sari Denpasar Nengah Tusan mengatakan, kegiatan ini sebagai laporan petanggung jawaban pengurus kepada anggota. Dia mengucapkan terima kasih kepada Rai Mantra untuk sokongannya selama ini sehingga koperasi ini berkembang pesat. “Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Rai Mantra karena selama ini terus memberikan dukungan sehingga koperasi Membah Sari bisa terus tumbuh dan menjawab kebutuhan anggota,” kata Tusan. (nwm)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: