Rai Mantra: Kemajuan Koperasi Melambangkan Kemajuan Masyarakat

(Baliekbis.com), Puncak peringatan Hut Koperasi Serba Usaha (KSU) Pemogan ke-27 Tahun 2017, dengan mengangkat tema “Melalui Hut ke-27 KSU Pemogan, Kita Wujudkan Rasa Kebersamaan, Kegotongroyongan, Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Bersama” berlangsung meriah pada Sabtu (1/4) di Stage Sari Budaya Barong & Dance Desa Pemogan. Kegiatan yang dihadiri langsung Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, Dewa Nyoman Patra, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadharma Sena, Camat Denpasar Selatan, AA Gde Risnawan, Perbekel Desa Pemogan, seluruh anggota koperasi dan warga masyarakat Desa Pemogan serta seluruh undangan.
Keberhasilan KSU Pemogan diakui semua pihak, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya berbagai penghargaan tingkat Kota Denpasar, Provinsi Bali hingga ke kancah Nasional. Selain itu, pesatnya perkembangan KSU Pemogan sehingga dijadikan objek study banding dari gerakan koperasi seluruh Indonesia bahkan pernah dikunjungi oleh koperasi petani Jepang, koperasi Thailand dan Koperasi Malaysia. Walikota Denpasar Rai Mantra mengatakan, tertanamnya nilai kebersamaan,kegotong royongan, kejujuran dan rasa kasih sayang terhadap sesama, diantara anggota koperasi maupun terhadap masyarakat telah mengantarkan KSU Pemogan menjadi Koperasi yang maju dan terus berkembang. “Pemerintah Kota Denpasar dan Bali pada umumnya sangat bangga terhadap KSU Pemogan karena berbagai penghargaan telah diperolehnya. Hal ini membuktikan bahwa kemajuan koperasi melambangkan kemajuan masyarakatnya,” ujarnya.
Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, Koperasi merupakan simbol ekonomi kerakyatan yang harus terus dikembangkan dan dibesarkan . Peningkatan kualitas manajerial pengurus koperasi, profesionalisme dan kopentesi pegawai yang jelas merupakan kunci keberhasilan koperasi. “KSU Pemogan ini sudah menjadi koperasi tingkat Nasional yang perlu dicontoh koperasi-koperasi lain. Prestasi akan bisa didorong dengan kinerja karyawan yang berkopetensi, bukan hanya professional kerja tapi profesionalisme di dalam lingkungan masyarakat,” tegasnya.
Ketua Pengurus KSU Pemogan, I Dewa Bagus Putu Budha menjelasakan, Perjalanan KSU Pemogan dari mulai berdiri hingga saat ini tidak seperti yang dibayangkan. Seiring dengan pesatnya perkembangan koperasi ini dengan jumlah karyawan sebanyak 48 orang, pada Tahun 2011 sampai 2016 jumlah anggota KSU Pemogan sebanyak 1.980 orang dengan tingkat pertumbuhan 10% setiap Tahun dengan asset Rp. 69,2 Milliar lebih dengan rata-rata pertumbuhan diatas 15% setiap tahunnya telah mengantarkan KSU Pemogan memperoleh berbagai prestasi. Di hari jadi KSU Pemogan yang ke- 27 berbagai kegiatan telah dilaksanakan seperti penyuluhan perkoprasian terhadap anggota, metirta yatra, gerak jalan sehat, hingga penilaian lomba ogoh-ogoh di Desa Pemogan.
Dalam memperingati Hut ke- 27 KSU Pemogan ini diharapkan sebagai wahana ekspose keberhasilan kinerja selama 27 Tahun dan meningkatkan rasa gotong royong serta rasa memiliki untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan keberadaan KSU Pemogan. “Kami mengucapkan terima kasih terhadap Bapak Walikota Denpasar sumbangsih dalam pembinaan untuk kemajuan KSU Pemogan menuju Koperasi yang lebih sehat, kuat, tangguh dan berkualitas,” ujar Dewa Putu Budha.
Dalam kegiatan tersebut diserahkan piagam penghargaan kepada karyawan dengan masa kerja lebih dari 15 Tahun, penyerahan tanda kenangan dan penghargaan kepada anggota pendiri dan anggota yang berpartisipasi aktif, penyerahan tropy dan penghargaan kepada pemenang lomba ogoh-ogoh dan penyerahan bantuan pembangunan daerah kerja kepada Pemerintah Desa Pemogan. (eka/ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: