Rai Mantra Ajak Mahasiswa Percepat Pembangunan

(Baliekbis.com), Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Warmadewa (Unwar) mengambil lokasi kegiatan di Kota Denpasar. Penyerahan 175 Mahasiswa KKN dilakukan Senin (31/7) di Graha Sewaka Dharma Lumintang oleh Rektor Unwar Prof. Dr. Dewa Putu Wijana yang diterima langsung Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra. Penyerahan tersebut juga dihadiri Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara, Pimpinan OPD terkait Pemkot Denpasar dan Prebekel/lurah se-Kota Denpasar.

KKN akan berlangsung dari tanggal 1-31 Agustus mendatang di Kecamatan Denpasar Timur dan Denpasar Utara. “Sebelumnya kami telah menerima KKN dari Universitas Mahasaraswati Denpasar, dan kali ini KKN dari Unwar yang memiliki peran penting turut serta dalam mempercepat pembangunan di Kota Denpasar,” ujar Walikota Rai Mantra. Dikatakan dari kegiatan KKN ini mahasiswa juga dapat belajar langsung dalam mencari penyelesaian masalah yang dihadapi setiap desa/kelurahan. Pendidikan dan teori akademis yang telah didapat dibangku universitas dapat diterapkan sebagai modal sosial yang berinteraksi langsung dalam pemecahan permasalahan perkotaan yang telah dilakukan Pemkot Denpasar. Meskipun pihaknya telah membangun jejaring sosial bersama kecamatan hingga perbekel/lurah, namun juga dibutuhkan masukan-masukan dari para mahasiswa dalam penerapan ilmu yang telah didapat. Seperti keterlibatan Mahasiswa Hukum, FISIP, Ekonomi dan Sastra KKN UNWAR ini dapat meningkatkan jejaring sosial dalam melakukan pendataan penyelesaian permasalahan dari kemiskinan, kesehatan dan ekonomi.

“Permasalahan yang kita khawatirkan saat ini terkait angka putus sekolah hingga masalah sampah. Sehingga mahasiswa dapat membantu melakukan pendataan yang nantinya dapat dipergunakan sebagai bahan kajian dan penelitian untuk didiskusikan bersama perbekel/lurah. Kami mengucapkan terima kasih dengan program KKN ini yang sangat strategis ke depan untuk memenuhi modal sosial sebelum terjun ke dunia kerja, serta  KKN sangat bermanfaat bagi Pemkot Denpasar dalam mempercepat program pembangunan,” ujar Rai Mantra.

Sementara Rektor Unwar Prof. Dr. Dewa Putu Wijana didampingi Wakil Ketua Panitia KKN Wayan Gede Merta mengatakan dari jumlah mahasiswa KKN di Kota Denpasar akan disebar di dua kecamatan. Di Kecamatan Denpasar Timur sebanyak 99 orang mahasiswa, dan 76 orang mahasiswa ditempatkan di Kecamatan Denpasar Utara. KKN akan berlangsung selama sebulan penuh yang diharapkan dapat memberikan pelajaran berharga bagi mahasiswa dengan keterlibatan langsung dimasyarakat. Di samping itu mahasiswa dapat menemukan, merumuskan, mempelajari, mengenal potensi masyarakat sasaran dan menanggulangi permasalahan dengan menumbuhkan motivasi untuk memanfaatkan potensi mahasiswa. “Kami memberikan apresiasi kepada Walikota Rai Mantra yang memberikan motivasi langsung kepada mashasiswa sebagai contoh pemimpin yang selalu melihat kebawah,” ujarnya sembari mengatakan indikator keberhasilan mahasiswa dalam melakukan KKN apabila mahasiswa mampu menggali sumber daya manusia dalam rangka bekerjasama untuk menyelesaikan problem yang dihadapi. (pur)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: