Putrawan: Dahulukan Pelayanan 

(Baliekbis.com), Adanya perbedaan tarif parkir yang berlaku merupakan kebijakan masing-masing daerah. Seperti yang terjadi di sebuah kabupaten yang menaikkan tarif parkirnya sampai seratus persen dan menjadi yang tertinggi saat ini.

“Kalau kami di Denpasar tidak ada rencana untuk menaikkan tarif. Kami masih fokus pada pelayanan agar pengguna parkir bisa lebih nyaman dan aman,” ujar Dirut PD Parkir Kota Denpasar I Nyoman Putrawan, S.T. saat ditemui di kantornya, Selasa (17/10). Selain segi pelayanan, efektivitas penggunaan lahan parkir juga menjadi perhatian. “Jadi bagaimana dengan lahan yang ada bisa memberi manfaat lebih besar untuk pengguna parkir,” jelasnya. Upaya itu tambahnya tidak terlepas dari keterbatasan ketersediaan kantong-kantong parkir yang ada saat ini. Sementara kebutuhan akan tempat parkir bertambah sejalan pertumbuhan kendaraan yang terus meningkat. Untuk menambah kantong parkir baru dinilai saat ini belum memungkinkan di tengah keterbatasan lahan dan mahalnya harga tanah. “Jadi yang lebih mungkin adalah mengefektifkan yang sudah ada,” ujarnya.

Ditanya upaya parkir bertingkat atau sistem progresif sebagaimana yang diberlakukan di sejumlah tempat, menurutnya langkah itu lebih memungkinkan saat ini. “Memang parkir bertingkat untuk sepeda motor sudah menjadi pertimbangan. Selain efisien juga lebih hemat dibandingkan membuka lahan baru,” ujar Putrawan. Demikian pula sistem progresif akan mengefisienkan penggunaan fasilitas yang ada. “Pemilik kendaraan akan lebih memperhitungkan waktunya dan mereka juga tahu seberapa biaya yang harus dikeluarkan,” jelasnya. Soal kontribusinya sebagai perusahaan daerah, Putrawan mengatakan untuk menambah pendapatan pihaknya akan berupaya dengan meminimalisir terjadinya kebocoran di lapangan. “Jadi fokus kita saat ini ada di pelayanan dan mencegah adanya kebocoran,” tegasnya. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: