Putra Astaman: GNPMN Bisa Tekan Penyalahgunaan Narkoba

(Baliekbis.com), Ketua Gerakan Nasional Perang Melawan Narkoba (GNPMN) Bali Mayjen Pol. (P) Putra Astaman bersama tim mengunjungi Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar. Kunjungan tersebut untuk memberikan ceramah kepada seluruh Mahasiswa Baru (Maba) tahun ajaran 2018/2019 terkait bahaya narkoba yang bisa menjadi sebuah ancaman untuk pertumbuhan generasi muda bangsa.

“Ceramah ini sangat penting buat Maba yang juga bagian dari salah satu program Adaptasi Kehidupan Kampus dan Inagurasi (AKKI) di lingkungan Kampus UNR,” ujar Rektor UNR, Dr. Drs. Nyoman Sura Adi Tenaya, M.Si, Sabtu (22/9)

Dikatakan, ceramah yang diberikan oleh Ketua DPP GNPMN Bali, Mayjen Pol. (P) Putra Astaman bersama tim ini penting dalam memahami bahaya narkoba, dan sejauhmana ancamannya bagi kalangan generasi muda. “Ini yang mesti bisa diantisipasi dari awal. Paling tidak Maba akan memahami tentang bahaya narkoba tersebut,” terangnya.

Lanjut Sura Aditanaya, saat ini UNR sendiri juga sudah memiliki puluhan kader atau laskar perang melawan narkoba. Ke depan, ia menginginkan UNR melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Wilayah Bali dan stake holder terkait untuk mempersempit, bahkan menghentikan penyalahgunaan narkoba. “Jika ada mahasiswa kami terbukti menyalahgunakan narkoba, tentu kita bina melalui rehabilitasi, kalau masih bandel kami tendang tanpa toleransi,” ucapnya.

Ketua GNPMN Bali, Mayjen Pol. (P) Putra Astaman menyampaikan selain memberikan ceramah tentang bahaya narkoba kepada MaBa, pihaknya ingin mengadakan pelatihan tentang membangun dan membina laskar GNPMN. “Salah satunya dengan strategi membangun dan membina tiga komunitas yakni komunitas warga tama, komunitas warga karya, dan komunitas warga adat (anti madat),” pungkasnya.

Dijelaskan, manfaat laskar GNPMN sendiri buat mahasiswa selain nantinya bisa dilakukan pembinaan dalam sebuah komunitas secara berkelanjutan. Tugas kewajibannya secara otomatis akan memberikan pengalaman panjang praktek leadership dan management (kepemipinan dan kepengelolaan/pembinaan). “Dengan kata lain kita akan melahirkan pengabdi-pengabdi di bidang sosial yang otomatis akan lahir sebagai leader dan manajer yang baik bagi bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai laskar dan mitra laskar secara konsisten berkelanjutan sepanjang hayat akan menjadikan anak-anak bangsa pengabdi yang berkarakter yaktu anak-anak bangsa yang setia kepada komitmennya yaitu setia kepada janjinya, setia kepada komunitanya dan bermuara kepada kesetian.

Ditambahkan, untuk bisa memotivasi laskar GNPMN, pihaknya akan berupaya untuk terus bisa menjaring dan membina mitra laskar sebanyak-banyaknya. Karena melalui laskar GNPMN ini masalah narkoba akan bisa teratasi, bahkan tidak ada yang namanya muncul narkoba atau sejenis lagi. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: