PT Bank HSBC Indonesia Meluncurkan Reksa Dana Global Syariah USD yang Berpedoman pada Prinsip ESG

(Baliekbis.com), Sejalan dengan visi Keberlanjutan yang diusung, PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) meluncurkan Reksa Dana Global Syariah USD dengan bekerja sama dengan PT. Batavia Prosperindo Asset Management (BPAM). Produk investasi yang bersifat ekuitas ini berprinsip syariah dan berpedoman pada faktor Environment (lingkungan), Social (sosial) dan Governance (tata kelola), yang umum disebut ESG.

Survei BlackRock People and Money yang dilakukan pada periode Nov 2019-Jan 2020 ke lebih dari 8,000 investor di Asia menunjukkan bahwa 68% dari investor yang disurvei menginginkan investasi mereka untuk memperhatikan aspek ESG. Dengan kian populernya konsep ini, peluncuran produk ini adalah bagian dari komitmen HSBC Indonesia dengan bekerja sama dengan para mitra, dalam hal ini BPAM, untuk membantu peralihan menuju ekonomi rendah karbon demi masa depan yang berkelanjutan.

Selain itu, fokus ESG pada produk Reksa Dana ini menawarkan peluang menarik karena potensi imbal hasil jangka panjang lebih optimal, sementara faktor syariah juga membantu menekan risiko dengan menghindari investasi ke berbagai sektor yang kontroversial seperti alkohol, senjata dsb.

Head of Wealth Management PT Bank HSBC Indonesia Verawaty Zhao mengatakan, “Di masa penuh tantangan seperti pandemi saat ini, produk semacam ini terbukti memiliki kinerja yang lebih baik karena perusahaan-perusahaan yang menerapkan prinsip ESG cenderung lebih tangguh menghadapi tantangan. Untuk itu, demi memenuhi dinamika kebutuhan nasabah, kami melengkapi rangkaian produk yang kami tawarkan dengan Reksa Dana Batavia Global ESG Sharia Equity USD.”

Sementara itu Presiden Direktur PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen Lilis Setiadi mengatakan, “Produk Reksa Dana Batavia Global ESG Sharia Equity USD ini memiliki tiga lapis pendekatan dalam unsur ESG-nya. Yang pertama risiko yang ditekan dengan tidak memasukkan sektor kontroversial maupun pelanggar Global Compact PBB, yang kedua membangun ketangguhan portofolio dengan memilih perusahaan berpedoman ESG yang terbaik yang memenuhi peringkat ESG tertentu, dan yang ketiga mendorong perubahan sosial menuju keberlanjutan.” Nasabah HSBC Indonesia dapat membeli produk ini mulai 27 Januari 2021 melalui Cabang HSBC Indonesia terdekat atau HSBC Personal Internet Banking. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: