PLA Denpasar Peringati Hari Autis Sedunia

(Baliekbis.com), Hari Autis Sedunia yang diperingati setiap tanggal 2 April menjadi moment penting mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap keberadaan anak penyandang autis. Tentu peringatan ini dilaksanakan Pusat Layanan Autis (PLA) Denpasar melibatkan orang tua dan autis center yang berada di Denpasar dengan menggelar berbagai kegiatan. Melalui Tema Hari Autis Sedunia Tahun ini yakni “Inclusion And Neurodiversity”, tidak ada diskriminasi dan perbedaan adalah sesuatu yang alamiah, pada Minggu (2/4) digelar jalan santai yang dilepas langsung Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Denpasar Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra di depan PLA Denpasar Jalan Mataram Nomor 3 Denpasar.
Tampak dalam kegiatan ini ratusan anak-anak PLA Denpasar dan orang tua serta siswa sekolah dasar, Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini, dan Kelompok Peduli Anak Autis Fajar Pagi mengikuti jalan santai. Ny. Selly yang juga selaku pembina PLA Denpasar bersama Ny. Kerti Rai Iswara dan para peserta jalan santai juga tampak berbaur bersama anak autis dengan membentangkan spanduk yang bertuliskan “Tidak ada diskriminasi dan perbedaan adalah sesuatu yang alamiah”. Mengelilingi kawasan Car Free Day Lumintang hingga Finish kembali di PLA Denpasar sebagai kegiatan lanjutan yang pada Sabtu 3 April juga menggelar kegiatan seminar dan Parenting melibatkan para orang tua siswa PLA Denpasar. “Kepada orang tua dan seluruh masyarakat dapat memberikan motivasi kepada anak-anak autis untuk dapat menjalankan kehidupan sehari-hari secara mandiri,” ujar Ny. Selly usai mengikuti jalan santai.
 Lebih lanjut dikatakan memberikan motivasi kepada orang tau dan anak-anak menjadi langkah yang baik untuk memberikan semangat yang berdampak pada kemandirian anak-anak autis, dengan harapan nantinya PLA Denpasar mampu melayani anak-anak autis secara baik. Dalam peringatan Hari Autis Sedunia kali ini yang diisi dengan berbagai kegiatan dari seminar, berbagai perlombaan melibatakan anak-anak autis dan centre autis di Denpasar, hingga kegiatan jalan santai yang dapat mensosialisasikan keberadaan anak-anak autis kepada masyarakat. Hal ini juga tak terlepas dari harapan kita bersama dengan keberadaan PLA Denpasar yang dibangun pada Tahun 2010 lalu mampu memberikan langkah-lahkah terapi secara baik kepada anak-anak autis.
Sementara Ketua Pengurus Harian PLA Denpasar, Nyoman Handika mengatakan dalam peringatan Hari Autis Sedunia PLA Denpasar setiap tahunnya mengisi dengan berbagi kegiatan yang melibatkan para orang tua dan anak-anak PLA Denpasar. Setelah melaksanakan jalan santai yang nantinya pada tanggal 20 April akan digelar kegiatan pentas seni budaya anak-anak autis PLA Denpasar yang bertempat di PLA Denpasar. Handika juga menjelaskan terkait perkembangan jumlah anak yang dilayani sejak Tahun 2010-2017 mengalami peningkatan. Pada tahun 2010 PLA Kota Denpasar melayani 30 anak, Tahun 2011, 42 anak, Tahun 2012, 65 anak, Tahun 2013 melayani 80 orang anak hingga Tahun 2017 ini telah melayani 102 orang anak. Sedangkan anak yang telah dirujuk ke sekolah inklusi untuk mendapatkan pendidikan formal setara SD sebanyak 4 orang. PLA Denpasar memiliki 7 layanan yang diberikan meliputi Terapi Prilaku, Terapi Okupasi, Terapi Wicara, Fisioterapi, Kelas Bina Diri, Kelas Pengembangan Diri, dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, serta Pemeriksaan kesehatan diberikan oleh Dokter Spesialis Anak dan Psikiater dari Rumah Sakit Umum Wangaya Denpasar. Serta yang terbaru PLA Denpasar memiliki Pool Therapi yang berada di dalam lingkungan PLA. (pur/ist)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.