Piala AFC 2018, Bali United Masuk Grup G, Persija di Grup H

(Baliekbis.com), Selain Liga Champions Asia, Federasi Sepakbola Asia (AFC) juga telah mengundi Piala AFC 2018. Hasilnya? Dua wakil Indonesia di Piala AFC, Bali United masuk Grup G dan Persija Jakarta di Grup H. Sebelum tampil di Piala AFC, Bali United masih bertarung di kasta tertinggi sepakbola Asia (Piala Champions Asia) meski harus memulai dari babak penyisihan (play-off).

Dari hasil undian play-off Piala Champions Asia, Bali United akan memulai laga di kandang sendiri (Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar) menghadapi Wakil Singapura, Tampines Rovers. Laga penyisihan pertama ini akan berlangsung sekali pada 16 Januari 2018. Artinya hari itu juga akan ditentukan pemenangnya, entah itu terjadi perpanjangan waktu sampai adu kiper. Begitu juga jika Bali United lolos, sepekan kemudian langsung akan melakoni penyisihan kedua di markas klub Thailand, Chiangrai United, yang digelar di Stadion Singha, Thailand pada 23 Januari mendatang.

Belum berakhir sampai di situ, jika bisa melewati Chiangrai United, tim kebanggaan masyarakat Bali ini masih melakoni penyisihan ketiga seminggu kemudian, menantang klub kuat Cina, Shanghai SIPG yang digelar di Stadion Shanghai pada 30 Januari 2018. Jika sukses melewati hadangan klub Cina ini, barulah Bali United masuk grup16 besar Piala Champions Asia. Itu artinya, kesempatan bermain di Piala AFC ditinggalkan dan akan digantikan Madura United (peringkat keempat Liga 1 2017).

Tetapi jika gagal tembus Piala Champions , Tim Besutan Pelatih Widodo C. Putro ini tetap akan bermain di Piala AFC. Dari hasil undian yang telah dilakukan, Bali United atau Madura United yang masuk dalam daftar tunggu, masuk grup G bersama Philippines 2nd Club, FLC Than Hoa atau Hanoi FC (keduanya wakil Vietnam) dan Yangon United FC Myanmar. Sementara Persija di Grup H bersama Tampines Rovers atau Geylang International FC (keduanya klub wakil Singapura), Song Lam Nghe An FC Vietnam dan Johor Darul Ta’zim atau Selangor FA (keduanya wakil Malaysia).

Pastinya, pelatih Widodo kini fokus dulu menghadapi Piala Champions yang notabene lebih bergengsi dari Piala AFC, meski mantan pelatih Sriwijaya FC ini masih buta dengan ketiga lawan yang akan dihadapi di play-off. Jangankan klub dari Thailand dan Cina, kekuatan Tampines dan Chiangrai yang akan dihadapi pertama, Widodo mengakui belum tahu peta kekuatan lawannya itu. ”Tapi, saya akan berusaha mencaritahu literatur kekuatan lawan meskipun melalui rekaman/video sambil memaksimal latihan para pemain,” kata Widodo yang sudah memulai program latihan Serdadu Tridatu sejak 4 Desember lalu. (ibg)

 

GRUP G
1.Bali United/Madura United
2. Philippines 2nd Club
3.FLC Than Hoa/Hanoi FC
4.Yangon United FC

GRUP H
1.Tampines Rovers/Geylang International FC
2.Persija Jakarta
3.Johor Darul Ta’zim/Selangor FA
4.Song Lam Nghe An FC

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.