Pertamina Beri Keterampilan Mekanik, Siapkan Siswa Terjun ke Dunia Kerja

(Baliekbis.com), Ratusan siswa SMKN 1 Denpasar mendapatkan pelatihan terampil mekanik dari PT Pertmina Retail bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Pemprov Bali.  Pelatihan dan keterampilan ini bertujuan memberikan bekal keahlian di bidang otomotif kepada siswa sehingga nantinya setelah tamat bisa siap terjun ke dunia kerja. Demikian dikatakan Corporate Secretary PT Pertamina Retail M. Ivan Asmara dalam sambutannya saat pelatihan yang digelar Rabu (26/7/2017) di SMKN 1 Denpasar.

Pelatihan yang diikuti ratusan siswa tersebut akan berlangsung selama dua hari (26-27/7) juga dirangkai dengan praktik penggantian pelumas produk Pertamina untuk kendaraan roda dua. Acara ditutup dengan praktik penggantian pelumas delapan sepeda motor yang dipandu langsung oleh mekanik dari Bright Olimart yang merupakan salah satu unit bisnis PT Pertamina Retail yang berada pada SPBU COCO. Ivan menambahkan, SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang diharapkan dapat berperan aktif dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu misinya, SMK dapat menyiapkan siswa yang siap menjadi tenaga kerja sehingga setiap lulusan dari SMK dapat mempunyai  bekal yang cukup untuk terjun ke dunia industri, dunia kerja atau dunia usaha. “Program ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi siswa SMK khususnya jurusan otomotif. Bekal ini nantinya bisa digunakan siswa untuk terjun ke dunia kerja baik sebagai mekanik bahkan pemilik bengkel,” ujar Ivan.

Sementara Asisten Manajer Communication Pertamina Retail Yosoef Alfredo  mengatakan kegiatan ini merupakan yang ke-43. Untuk periode ini sekolah yang terpilih yakni SMKN 1 dan SMK Saraswati 2 Denpasar. Sebelumnya pelatihan yang sama juga diselenggaran di sekolah swasta maupun negeri secara nasional. Pada kegiatan ini Pertamina retail memberikan teori dan praktik untuk meningkatkan kompetensi siswa. “Ke depannya kami berharap dengan keterampilan siswa yang semakin bagus bisa mengurangi angka penggangguran,” tambah Yoesoef. PT Pertamina  Retail juga memberikan bantuan corporate social responsibility (CSR) berupa  separangkat alat pengganti pelumas dan produk Pertamina berupa pelumas Enduro Matic dan Enduro Racing. “Salah satu misi kami yaitu bagaimana membantu sekolah dalam menyiapkan siswa yang siap menjadi tenaga kerja, sehingga setiap lulusannya memiliki bekal yang cukup untuk dapat terjun ke dunia industri atau dunia usaha,” katanya.

Kepala SMKN 1 Denpasar K. Suparsa (kiri) bersama Asisten Manager Communication PT Pertamina, Yoesoef Alfredo
Kepala SMKN 1 Denpasar K. Suparsa (kiri) bersama Asisten Manager Communication PT Pertamina, Yoesoef Alfredo

Sementara Kepala  SMKN 1 Denpasar Ketut Suparsa  mengakui kerja sama dengan Pertamina sebagai implementasi dari instruksi lima menteri.  “Kita berharap dengan revitalisasi SMK, BUMN bisa berperan dalam memajukan bidang pendidikan melalui dana sosial yang disalurkan,” sebutnya. Diakui, biaya pendidikan di SMK sangat mahal apalagi yang di bidang  teknologi.  Karena itu pihaknya bersyukur dengan adanya bantuan dari BUMN seperti Pertamina. “Kita berharap kedepannya bantuan yang diberikan bisa lebih besar lagi, pasalnya yang namanya teknologi terus berkembang dan alat-alat yang ada setiap saat harus ditingkatkan sesuai dengan kondisi kekinian,” ujarnya. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: