Peringatan Hari Pahlawan di Tabanan, “Semangat Pahlawan di Dadaku”

(Baliekbis.com), Peringatan hari Pahlawan menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur. Demikian dikatakan Dandim Tabanan Letkol Inf. Hasan Abdullah saat membacakan sambutan Menteri Sosial RI pada Apel Peringatan Hari Pahlawan, Sabtu (10/11) di Lapangan Alit Saputra, Tabanan.

Sebagai Inspektur Upacara Dandim mengatakan seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara di hati sanubari Bangsa Indonesia.

“Nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namum dinamis.Bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, rangkaian kegiatan peringatan hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotism dalam membangun bangsa Indonesia,” tegasnya.

Ditambahkan untuk tema Hari Pahlawan tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan,oleh karenannya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar bagi Bangsa dan Negara. “Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada,” ucapnya.

Hasan Abdullah melanjutkan peringatan hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan. “Transformasikan kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadi inspirasi  rakyat Indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan itu Sekda I Nyoman Wirna Ariwangsa, Forkompinda Kabupaten Tabanan, para Veteran dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan.
Rangkaian peringatan Hari Pahlawan di Tabanan diawali dengan pementasan tarian kolosal Pahlawan Sagung Wah yang dibawakan oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Kerambitan.  Diakhir acara dilanjutkan pemberian bingkisan kepada para Veteran. Penyerahan dilakukan Dandim Hasan Abdullah, Ketua Pengadilan Negeri Tabanan Made Sukereni  dan Sekda Kabupaten Tabanan  I Nyoman Wirna Ariwangsa yang diterima perwakilan veteran. (gfb)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: