Peringatan 100 Tahun Kelahiran Pahlawan I Gusti Ngurah Rai

 


(Baliekbis.com), Memperingati 100 tahun Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai, Pemuda Panca Marga Komisariat Yayasan Kebaktian Proklamasi Provinsi Bali menggelar lomba cipta dan baca puisi, menyanyikan lagu perjuangan dan paduan suara yang melibatkan sekolah SD,SMP,SMA se-Provinsi Bali. Lomba yang dibuka langsung Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra pada Senin (19/12) di Aula Yayasan Kebaktian Proklamasi Provinsi Bali. Acara yang dihadiri pula, Kepala Pengurus Yayasan Kebaktian Proklamasi (YKP) Provinsi Bali I Gusti Ngurah Gede Yudana, Perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, Legiun Veteran Republik Indonesia LVRI Provinsi Bali, Pembina YKP Provinsi Bali serta undangan lainnya.

Walikota Denpasar Rai Mantra mengatakan, Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat baik untuk mensosialisasikan dan juga menguatkan serta melestarikan nilai-nilai juang jasa pahlawan I Gusti Ngurah Rai . Kegiatan ini perlu dilaksanakan setiap tahun mengingat yang dilestarikan itu spirit perjuangan beliau. “Kalau spirit sudah bisa kita pahami, saya rasa daya saing kita di Bali tidak akan luntur dan akan maju berkembang sesuai dengan harapan para pejuang-pejuang akan bisa kita wujudkan dengan nilai luhur perjuangan ditambah dengan kejujuran dan keikhlasan,” kata Rai Mantra.

Spirit perjuangan beliau lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, harus bisa kita tiru dan tingkatkan untuk generasi-generasi muda agar bisa membanggakan serta mengharumkan jasa pejuang. Dengan kegiatan ini kita harapkan bukan hanya bekal tetapi pendalaman pemhaman untuk generasi muda agar bisa maju berkembang. “Spiritnya harus bisa melebihi beliau dan ditanamkan sejak dini sehingga kedepannya bisa menjadi generasi muda yang tangguh dan berdaya saing,” ujar Rai Mantra.

Ketua Pengurus YKP Provinsi Bali I Gusti Ngurah Gede Yudana yang juga merupakan putra sulung Pahlawan I Gusti Ngurah Rai mengatakan kami atas nama keluarga Pahlawan I Gusti Ngurah Raid an keluaraga besar YKP mengucapkan banyak terima kasih atas batuannya sehingga acara ini berjalan dengan lancar. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat menanamkan rasa Nasionalisme pada generasi muda sehingga mereka bisa mempertahankan NKRI ini, yang dibangun dengan tumpah darah.

Sedangkan Ketua Pemuda Panca Marga Komisariat Yayasan Kebhaktian Proklamasi Provinsi Bali AA Putu Sugiantiningsih mengatakan lomba yang diselengrakan ini untuk menanamkan nilai-nilai juang dan kepahlawanan pahlawan nasional  I Gusti Ngurah Rai kepada putra-putri penerus bangsa. Selain itu kegiatan ini sangat khusus mengingat Pahlawan I Gusti Ngurah Rai tepat berumur 100 tahun.

Berbagai lomba yang diselenggarakan lebih lanjut Sugiantiningsih mengatakan diantaranya lomba cipta dan baca puisi yang diikuti 150 peserta, lomba menyanyikan lagu dengan tema perjuangan bebas diikuti 150 peserta, dan lomba Paduan Suara yang diikuti 15 group yang dibagi menjadi dua katagori yakni katagori SD dan SMP serta Katagori SMA. Katagori SD dan SMP akan menyanyikan lagu wajib Mars Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai dan lagu bebas bertema perjuangan. Katagori SMA akan menyanyikan lagu wajib Taman Pujaan Bangsa Margarana dan lagu pilihan  bebas bertema perjuangan, yang dilaksanakan selama 2 hari yakni dari tagga 19- 20 Desember 2016. ”Bagi peserta akan memperebutkan piala pahlawan Gusti Ngurah Rai dan diserahkan pada 30 Januari mentadang di Tugu Pahlawan Margarana,” ujarnya.

Sugiantiningsih mengatakan, kami juga berterima kepada kasih Pemerintah Kota Denpasar yang benar-benar merespon dan antusias serta sangat menghargai jasa para pejuang dan selalu mensupport kegiatan kami. “Harapan kami Pemerintah dari Kabupaten bahkan Provinsi bisa menjadikan moment ini sebagi event tahunan dan dilatih serta menanamkan nilai-nilai perjuangan untuk generasi muda kedepannya,”ujarnya. (eka/ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: