Perguruan Tinggi Dukung Pembangunan dan Peduli Lingkungan

(Baliekbis.com), Sebagai wujud pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian, Universitas Ngurah Rai (UNR) turut menggelar Bakti Sosial (Baksos) yang dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem Khayangan Penatih, Kelurahan Penatih, Denpasar Timur, Sabtu (26/1). Baksos yang merangkum berbagai kegiatan sosial di segala bidang ini turut dihadiri Wakil walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Rektor UNR, Dr. Drs I Nyoman Sura Adi Tenaya, Camat Dentim, I Wayan Herman, Lurah Penatih, I Wayan Astawa, civitas akademik UNR, siswa dan masyarakat sekitar.

Dijumpai disela pelaksanaan Baksos, Ketua Panitia,AA Ngurah Alit Suteja mengatakan bahwa pelaksanaan Baksos ini merupakan pengamalan dari UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, UU tentang pendidikan dan statuta Universitas Ngurah Rai yang mengamanatkan bahwa setiap perguruan tinggi wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. “Baksos ini merupakan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan yang turut melibatkan 350 orang ini menyasar Kelurahan Penatih dengan beragam kegiatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga lansia. Adapun beberapa kegiata yang dilaksanakan yakni Penanaman 300 bibit Pohon Tabebuya, Pemasangan Biopori di rumah masyarakat, Penyuluhan Hukum, serta pengobatan medis maupun non medis. Selain itu, turut dilaksanakan pula sosialisasi penerapan Perwali Nomor 36 tahun 2018 tentang pengurangan sampah plastik oleh DLHK.

“Kegiatan ini kami kemas sesuai dengan kebutuhan masyarakat, utamanya terkait dengan upaya menggajak masyarakat untuk peduli lingkungans sekitar,” paparnya. Rektor UNR, Dr. Drs I Nyoman Sura Adi Tenaya menambahkan bahwa keberadaan Perguruan Tinggi khususnya Universitas Ngurah Rai yang berlokasi di wilayah Penatih ini hendaknya memberikan kemanfaatan, selain dunia pendidikan juga memberikan manfaat dalam kelestarian lingkungan dan memberikan edukasi kepada masyarakat luas. “Sebagai Perguruan Tinggi di Kota Denpasar, Universitas Ngurah Rai akan terus ikut dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat luas di berbagai bidang,” tegasnya.

Sementara, Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam kesempatan tersbut mengapresiasi pelaksanaan Baksos yang menyasar kelurahan Penatih ini. Jaya Negara juga turut mengapresiasi peran Perguruan Tinggi  di Kota Denpasar yang senantiasa mendukung pembangunan di Kota Denpasar. Selain itu, pihaknya juga berharap, keberadaan Perguruan Tinggi di Kota Denpasar dapat emnjadi pelopor maksimalnya penerapan Perwali Nomor 36 Tahun 2018 tentang pengurangan sampah plastik sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi peran Perguruan Tinggi dalam mendukung pembangunan keberlanjutan di Kota Denpasar, dan tentu kami harapkan dapat berkesinambungan dalam mendukung progra pemerintah yang salah satunya adalah pemerapan Perwali Nomor 36 Thun 2018 tentang pengurangan sampah plastik ini, dan semoga dapat menjadi contoh bagi Perguruan Tinggi lainnya,” ujar Jaya Negara. (ags)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: