Perbasi Bali Kirim 6 Wasit Ikut Penataran Nasional

(Baliekbis.com), Setelah menggeber penataran pelatih se-Bali, Pengprov Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Bali kini mengirim 6 wasitnya untuk mengikuti penataran perwasitan tingkat nasional, yang akan diselenggarakan di Malang selama empat hari (19-22 Juli) mendatang. Ke-6 wasit Bali dari empat kabupaten/kota ini, akan bergabung dengan perwakilan dari seluruh provinsi di Tanah Air.

Kepada sejumlah wartawan, Jumat (14/07/2017) Ketua Umum Pengprov Perbasi Bali IGN Oka Darmawan menjelaskan, keenam wasit Bali yang ikut penataran itu I Nyoman  Arnanda Trilaksana, I Nyoman Aria Gunantara (keduanya dari Buleleng), Ni Wayan Mega Febriyanti (Badung), I Wayan Agus Budi Satya, I Ketut Jaya Laksana (keduanya dari Kabupaten Gianyar) dan I Gede Satria Wiradharma dari Kabupaten Klungkung. ”Jika mereka berhasil lulus, maka keenam wasit kita ini akan menyandang predikat Wasit Nasional B-1,” kata Oka Darmawan didampingi Made Subur selaku koordinator Wasit Perbasi Bali.

Menurut Oka Darmawan, penting bagi Perbasi untuk meningkatkan kualitas wasit. Sebab sukses tidaknya sebuah pertandingan sangat tergantung dari kepemimpinan wasit. Terlebih, dalam waktu dekat ini tepatnya September nanti, ada perhelatan Porprov Bali XIII/2017 di Gianyar. ”Wasit merupakan perangkat pertandingan yang sangat memegang peranan penting terhadap sukses tidaknya kompetisi atau even. Karena itu, kami akan berusaha terus meningkatkan kualitas wasit-wasit Bali ke level lebih tinggi,” beber Oka Darmawan yang juga Wakil Ketua I Bidang Organisasi KONI Bali.

Made Subur menambahkan, sejauh ini Bali baru punya tiga wasit yang punya lisensi B-1 Nasional. Ketiganya yakni Ary Hamzah, Arya Gangga (keduanya dari Buleleng) dan Eri Kresnayadi dari Buleleng. Bahkan Eri Kresnayadi sudah pernah tampil memimpin pertandingan even-even nasioanal seperti PON XIX 2017 di Jabar. ”Nanti Eri juga dipanggil untuk even Kejurnas di Surabaya,” imbuh Subur seraya berharap ke-6 wasit yang ikut penataran ini benar-benar memanfaatkan momen baik untuk meningkatkan lisensinya. ”Mereka akan berangkat tanggal 17 Juli, atau dua hari menjelang pembukaan,” pungkasnya. (ibg)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: