Pemprov Bali Keluarkan Surat Edaran Waspada “Corona”

(Baliekbis.com), Pemprov Bali mengeluarkan pernyataan resmi terkait upaya mewaspadai menularnya kasus pneumonia yang disebabkan virus corona. Pernyataan yang tertuang dalam surat Nomor: 556/468/V/Dispar/2020 ditujukan kepada pemerintah kabupaten/kota dan rumah sakit untuk kewaspadaan dini kasus penyakit tersebut.

“Rumah sakit juga disiapkan untuk selalu siaga, lengkap dengan sarana/prasarana, SDM, obat dan pelayanan (tempat isolasi) bila ada kasus ‘suspect’,” ujar Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dalam pernyataan resminya, Jumat (24/1/2020) di Denpasar.

Dalam pernyataan tertulis itu, Pemerintah Provinsi Bali juga telah melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Denpasar, otoritas bandara dan pihak maskapai untuk mendeteksi secara dini wisatawan dari Cina, dengan memasang “thermo scanner” di tempat kedatangan internasional.

“Untuk mencegah penularan lebih lanjut, para wisatawan diharapkan bersedia melalui pemeriksaan kesehatan di bandara apabila diperlukan,” ucap Wagub Bali yang akrab dipanggil Cok Ace itu.

Dari sejumlah upaya antisipasi tersebut, Cok Ace mengharapkan wisatawan dapat berkunjung ke Bali dengan rasa aman. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa mengatakan pihaknya telah mengirim edaran ke berbagai pemangku kepentingan pariwisata, sejumlah konsulat jenderal yang ada di Bali, serta pelaku industri pariwisata Bali. Pihaknya tidak ingin pelaku pariwisata menjadi resah karena isu virus ini. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: