Pemkot Hijaukan Subak Sembung

(Baliekbis.com), Pemerintah Kota Denpasar benar-benar komitmen untuk menjadikan Denpasar hijau sebagai salah satu kepedulian terhadap lingkungan. Setelah terbentuk kampung hijau di Kelurahan Sesetan kini kembali membentuk taman keanekaragaman hayati (Kehati) dengan melakukan gerakan penghijauan di subak Sembung, Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Jumat (26/10). Penghijauan ini dihadiri Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara dan instansi terkait.

Kadis DLHK Kota Denpasar I Ketut Wisada menyampaikan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar terus menggencarkan program besutan pemerintah dalam upaya pengendalian pencemaran udara, Program Langit Biru, baik melalui program penghijauan sampai dengan uji petik emisi kendaraan bermotor yang dilaksanakan secara rutin. Kadis DLHK Kota Denpasar Ketut Wisada menyampaikan, program penghijauan gencar dilakukan salah satunya dengan terus menambah jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada di Kota Denpasar.

“Seperti sekarang ini Kami bergandengan dengan PPT Kota Denpasar untuk melakukan penghijaun di Subak Sembung,” ujarnya. Dengan melakukan penghijauan ini diharapkan subak Sembung sebagai daerah ekowisata menjadi semakin hijau. Tentunya kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari tokoh masyarakat dan masyarakat Peguyangan sehingga dapat mewujudkan Subak Sembung yang hijau.

Diharapkan melalui penghijauan yang dilakukan ini dapat mengurangi efek dari rumah kaca dalam pemanasan global. Terlebih lagi subak Sembung menjadi salah satu destinasi wisata akan semakin menambah daya tarik saat terwujudnya lingkungan yang hijau. Untuk penghijauan kali ini pehaknya menanam berbagai jenis tanaman yang dibutuhkan saat upacara seperti cempaka, buah pinang, dan berbagai jenis lainnya.

Selain melakukan penhijaun di Subak Sembung pihaknya juga akan melanjutkan untuk penghijauan di Kelurahan Sesetan. Mengingat saat ini Kelurahan Sesetan sangat gencar dalam mewujudkan lingkungan hijau. “Kami harapkan masyarakat kedepannya dapat memelihara pohon-pohon yang telah ditanam sehingga dapat tumbuh sumbur,” harapnya.

Bendesa Adat Peguyangan Ketut Sutama menyampaikan mengapresiasi penghijauan yang dilakukan di Subak Sembung. Karena dengan dilaksanakan program penghijauan ini semakin mendukung mewujudkan subak Sembung sebagai destinasi wisata. Disamping juga untuk mempertahankan ruang terbuka hijau yang ada di Kota Denpasar. “Kami harapkan program ini terus dilanjutkan sehingga Kota Denpasar benar-benar menjadi kota hijau,” ujarnya. (gst)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: