Pemkot Gelar Penyuluhan Pariwisata dengan Seni Tradisional

(Baliekbis.com), Dalam menggali potensi pariwisata baru, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pariwisata Kota Denpasar terus berupaya mengembangkan potensi pariwisata di seputuran wilayah Kota Denpasar. Salah satunya melakukan penyuluhan kapariwisataan dengan menyasar desa/lurah seperti yang di lakukan di Kelurahan Padangsambian, Minggu malam (30/9). Demikian disampaikan Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif IB Alit Surya Antara ditemui disela-sela penyuluhan dengan media seni tradisional dalam hal ini bondres yang dihadiri Lurah Padangsambian I Wayan Yusswara dan tokoh masyarakat setempat.

“Banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan di Kelurahan Padangsambian. Memang secara alam tidak begitu banyak potensi pariwisata seperti di Sanur, namun pendukung pariwisata seperti budaya, kuliner dan ekonomi kreatif bisa menjadi salah satu destinasi wisata,” ujarnya. Untuk itu Kelurahan Padangsambian bisa mengembangkan potensi pariwisata kuliner dengan adanya pasar tradisional.

Dari pengembangan pasar tradisional Kelurahan Padangsambian dapat dapat membangkitkan kuliner yang ada dengan mengajak pedagang kuliner tradisional. Disamping itu juga Kelurahan Padangsambian dapat mengembangkan ekonomi kreatif melalui kerjinan-kerajinan yang bisa mendukung kunjungan pariwisata. Bahkan ada potensi sungai Ulun Danu yang ada diwilayah Kelurahan Padangsambian dapat dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata.

IB Surya Antara menambahkan selain untuk mengembangkan potensi wisata di Kota Denpasar, melalui penyuluhan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang sadar wisata. Bahwa untuk mewujudkan Kelurahan Padangsambian sebagai destinasi wisata harus mendapat dukungan semua pihak termasuk masyarakat itu sendiri. “Kami berharap melalui penyuluhan ini pemahaman masyarakat tentang sadar pariwisata semakin meningkat. Hal ini demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” harapnya.

Kasi Pembinaan Pariwisata Rose Sintha Dewi menyampaikan penyuluhan kepariwisataan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Disamping itu melalui penyuluhan yang dilakukan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam industri pariwisata.

Lurah Padangsambian I Wayan Yusswara menyampaikan sangat mendukung penyuluhan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kota Denpasar. “Kami sangat mendukung adanya penyuluhan kepariwisataan sehingga diharapkan semakin meningkatkan pemahaman tentang pariwisata,” ujarnya. Meski sesungguhnya untuk segi obyek pariwisata di Kelurahan Padangsambian cukup minim, namun petensi yang ada sebagai pendukung pengembangan pariwisata sangat besar. Salah satunya adanya atraksi budaya seperti upacara keagamaan tarian sakral. Disamping juga pengembangan obyek wisata seperti sungai Ulun Danu yang bisa ditata seperti tukad Badung dan tukad Bindu. Terlebih lagi semua masyarakat mendukung untuk mewujudkan hal tersebut dengan melakukan gerakan kebersihan. Mewujudkan kebersihan lingkungan sebagai salah satu mendukung pariwisata. (gst)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: