Pemkab Gianyar Nganyarin Karya Agung Danu Kertih

(Baliekbis.com), Serangkaian Karya Agung Danu Kertih, Tawur Agung Labuh Gentuh, Meras Danu lan Gunung yang berpusat di Pura Ulun Danau Batur ring Tepi Segara Danau Batur, Pemkab Gianyar melaksanakan Upacara Nganyarin, Rabu (14/11).

Alunan suara genta dan tetabuhan saling bersenandung dalam Karya Agung Danu Kertih, Tawur Agung Labuh Gentuh, Meras Danu lan Gunung yang hanya terlaksana 5 (lima) tahun sekali.

Karya Agung ini dipadati pemedek dari seluruh OPD yang ada di Bali, Desa Pakraman Batur, dan krama Batun Sendi Ida Bhatara, puncak karya yang terlaksana pada rahinan tilem sasih kelima. Selain itu pemedek lain berasal dari Desa Pekraman dan subak yang ada di Bali.

Puncak Karya Agung Danu Kertih, Tawur Agung Labuh Gentuh, Meras Danu lan Gunung yang sudah terlaksana pada tanggal 7 Nopember lalu. Dalam puncak karya tersebut dilaksanakan prosesi pakelem di Segara Danu Batur dan Puncak Gunung Batur oleh krama Desa Pakraman Batur dan Batun Sendi Ida Bhatara. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan upacara Ida Bhatara ring Pura Jati lan Ida Bhatari ring Segara Katuran Bhakti Ayaban dan Bhakti Pedanan.

Jero Gede Duhuran mengatakan Karya Agung Danu Kertih, Tawur Agung Labuh Gentuh, Meras Danu lan Gunung kali ini terlaksana dari tanggal 10 Oktober hingga 18 Nopember yang puncak karya dilaksanakan pada tanggal 7 Nopember. “Karya Agung ini dilaksanakan bertujuan untuk memohon keselamatan dan kelestarian sumber mata air di Bali,” terangnya.

Di samping itu karya ini juga dilaksanakan untuk memohon keselamatan sekaligus memohon kesuburan bagi lahan pertanian dan masyarakat Bali. Dengan pelaksanaan karya agung ini diharapkan sumber-sumber air di Bali, khususnya di Danau Batur tetap terjaga dan lestari. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: