Pelatihan Kapasitas Manajemen Olahraga, KONI Bali Tingkatkan Kualitas SDM Pengurus

Pelatihan Kapasitas Manajemen Olahraga, KONI Bali Tingkatkan Kualitas SDM Pengurus

 (Baliekbis.com), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI ) Provinsi Bali menaruh perhatian besar pada peningkatan SDM para pengurusnya dalam mengelola keolahragaan di Pulau Dewata. Untuk itu digelar “Pelatihan Peningkatan Kapasitas Manajemen Olahraga KONI Provinsi Bali di Hotel Sovereign, Kuta, Badung, pada 2-4 Desember 2018. 

Acara ini diikuti oleh seluruh pengurus bidang KONI Bali dan pengurus KONI Kabupaten/Kota di Bali, pengurus cabang olahraga (cabor) di bawah KONI serta para pelatih fisik.

Ketua KONI Bali Ketut Suwandi mengatakan peningkatan SDM pengurus KONI dalam kaitan kapasitas manajemen olahraga ini merupakan hal yang vital dan strategis. Apalagi tantangan dalam peningkatan prestasi olahraga di Bali juga makin berat.

“Peningkatan kapasitas manajemen olahraga  ini sangat penting. Pengurus KONI harus mau membuka diri dan terus belajar,” imbuh Suwandi lantas pihaknya mengajak seluruh stakeholder keolahragaan di Bali bersama-sama bersinergi mencapai prestasi. 

Ditambahkan manajemen olahraga modern tidak bisa biasa-biasa saja. Perlu laboratorium olahraga, penerapan sport science, fasilitas olahraga yang memadai, pelatih yang profesional didukung dengan sistem manajemen yang kuat.

“Tapi kalau kita bicara sport science di Indonesia apalagi Bali, kita masih sangat jauh tertinggal. Kita juga tidak punya laboratorium olahraga, fasilitas juga masih minim. Itu semua PR besar ke depan,” tandas Suwandi.

Sementara itu Pengurus KONI Bali Bidang Hubungan Luar Negeri dan Sport Tourism I Dewa Putu Susila menambahkan penguatan kapasitas manajemen olahraga ini juga dalam rangka menggali berbagai potensi dalam manajemen event olahraga. Khususnya yang terkait dengan sport tourism atau pariwisata olahraga di Bali.

“Kita harus kuatkan manajemen event olahraga yakni bagaimana membuat event olahraga yang berdampak dan berkontribusi pada peningkatan pendapatan daerah. Dikemas dalam skala besar mendatangkan penonton dan wisatawan mancanegara. Ini bisa dilakukan dengan pengembangan sport tourism,” kata Dewa Susila yang juga caleg DPRD Bali dapil Tabanan nomor urut 2 dari Partai NasDem itu. (wbp)