Pelantikan PUK FSP Par – SPSI The Ungasan Clifftop Resort, Satyawira: Kehadiran Serikat Pekerja di Perusahaan Jangan Dianggap Ancaman

(Baliekbis.com),Kehadiran serikat pekerja (SP) pariwisata di sebuah perusahaan jangan dianggap sebagai suatu ancaman. Justru dalam pola hubungan industrial, bagaimana antara pekerja dengan perusahaan bisa bersama-sama membangun untuk kemajuan perusahaan. Demikian disampaikan Ketua Pengurus Cabang FSP Par – SPSI Kab. Badung Putu Satyawira Marhaendra saat melantik PUK FSP Par – SPSI The Ungasan Clifftop Resort, Kamis (28/11/2019) di resort setempat.

Adapun susunan pengurus unit kerja FSP Par – SPSI The Ungasan Clifftop Resort selengkapnya yakni Ketua I Wayan Wali, Wakil Ketua Bidang Advokasi I Made Karda, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi Kompetensi I Made Supartana dan Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Pekerja I Made Ipong Sugiana.

Sedangkan Sekretaris I Gede Sugiartha, Wakil Sekretaris Bidang Advokasi I Made Sukarpa, Wakil Sekretaris Bidang Organisasi, Kaderisasi Kompetensi I Made Gunawan dan Wakil Sekretaris Bidang Kesejahteraan Pekerja Ni Made Manis. Sedangkan sebagai Bendahara I Nyoman Sumendra, Wakil Bendahara Bidang Advokasi Ni Nyoman Sri dan Wakil Bendahara Bidang Organisasi, Kaderisasi Kompetensi Nyoman Tirtayasa

Putu Satyawira Marhaendra

Satyawira Marhaendra mengatakan pelantikan PUK Serikat Pekerja Pariwisata kali ini merupakan pelantikan dengan jumlah yang paling banyak. Ia bahkan memuji kesiapan PUK FSP Par-SPSI The Ungasan Clifftop Resort yang sudah memakai seragam organisasi. Ini menjadi contoh bagi yang lainnya ketika bergabung ke dalam FSP Pariwisata.

Seragam yang sama ini dinilai penting karena menunjukkan identitas. Sebab identitas organisasi merupakan jati diri sebagai pengurus cabang. “Kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya apa yang telah dilakukan. Mudah-mudahan kekompakan dan baju seragam ini menjadi penyemangat bagi anggota dan pengurus sehingga hubungan itu bisa tetap dipelihara dengan baik agar pengurus dan anggota bisa bersinergi dengan baik,” jelasnya.

Dengan demikian sebagai pekerja mereka bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, memberikan pelayanan terbaik bagi setiap tamu dan produktivitas yang tinggi. “Sebagai pekerja, jiwa semangat kita harus sesuai dengan ikrar Federasi Serikat Pekerja yaitu “Anggota serikat pekerja pariwisata SPSI adalah pekerja Indonesia yang cinta, kerja yang jujur, berwatak setia kawan dan bertanggung jawab”

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung Ida Bagus Oka Dirga dalam sambutannya yang dibacakan I Nyoman Rai Diatmika selaku Kepala Seksi Kelembagaan Hubungan Industrial mengatakan kehadiran organisasi serikat pekerja sangat dibutuhkan di suatu perusahaan.

Sebab wadah ini merupakan salah satu sarana pelaksanaan dari hubungan industrial. “Organisasi serikat pekerja merupakan mitra pengusaha yang mempunyai kewajiban untuk bekerja sama dengan pihak pengusaha dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan yaitu berkembangnya perusahaan dan meningkatkan kesejahteraan pekerja.

Sementara itu Ade Marini selaku Resort Manajer
mewakili manajemen The Ungasan Clifftop Resort mengucapkan selamat atas dilantiknya PUK FSP – SPSI The Ungasan Clifftop Resort. Ade berharap ke depan mampu bekerja sama lebih baik lagi, berkomunikasi dengan lancar sehingga bisa membuktikan The Ungasan Clifftop Resort menjadi yang terbaik di Bali.

Ketua PUK FSP – SPSI The Ungasan Clifftop Resort Wayan Wali berharap dengan terbentuknya federasi serikat pekerja pariwisata di resort ini bisa saling bertukar pikiran dan menyatu dengan manajemen untuk saling mendukung antara karyawan dan manajemen. Sehingga bisa menghasilkan kinerja yang semakin baik.

SP di The Ungasan Clifftop Resort jumlah anggotanya seratus lebih, hanya sebagian kecil yang belum bergabung. Berdiri sekitar 8 tahun silam, resort bintang lima ini berada di lokasi yang sangat strategis dan memiliki berbagai fasilitas untuk wisatawan yang menginap. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: