Peduli Covid-19, Mangku Pastika Bantu Pecalang Pemogan 50 Paket Sembako

(Baliekbis.com),Di tengah kegiatan reses, Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Bali Dr. Made Mangku Pastika,M.M. melakukan sejumlah kegiatan. Selain penyerapan aspirasi dengan mengadakan dialog interaktif via vidcom tentang “Paradigma Baru Pariwisata dalam Kondisi Pandemi Covid-19”, Sabtu (16/5/2020) sore, mantan Gubernur Bali dua periode itu juga peduli dengan memberikan bantuan sembako.

Bantuan sembako kepada pecalang di tiga banjar Desa Pemogan Denpasar, Sabtu (16/5/2020) sore, berlangsung di Kantor Sekretariat NCPI (Nawa Cita Pariwisata Indonesia) Bali. Bantuan diserahkan Ketut Ngastawa,S.H. mewakili Mangku Pastika diterima Ketua NCPI Bali Agus Maha Usadha. Bantuan selanjutnya diserahkan kepada perwakilan pecalang dari tiga banjar yakni Banjar Sakah, Banjar Kajeng dan Banjar Jaba Tengah.

Ketut Ngastawa mengatakan pecalang merupakan salah satu garda terdepan dalam penanggulangan penyebaran Covid-19. Tugas pecalang ini cukup berat. Karena itu Anggota DPD RI Perwakilan Bali Dr. Made Mangku Pastika,M.M. yang juga selaku Penasihat Nawa Cita Pariwisata Indonesia (NCPI) Bali memberi perhatian serius terhadap keberadaan pecalang yang menjalankan tugas di tengah pandemi ini dengan memberikan bantuan 50 paket sembako.

“Selain tenaga medis yang merupakan garda terdepan menangani pasien Covid-19, di lapangan dilakukan oleh desa adat melalui pecalang untuk mencegah dan juga memutus penyebaran virus ini. Pak Mangku Pastika sangat memperhatikan hal ini sehingga turut membantu,” ungkap I Ketut Ngastawa.

Dijelaskan, bersama NCPI, Mangku Pastika telah beberapa kali melakukan kegiatan sosial. “Ini yang kedelapan kali dilakukan baik berupa APD dan sembako kepada desa adat Panjer, Pemogan, dan Padang Sambian Kaja yang diserahkan melalui Majelis Desa Adat Provinsi Bali, bantuan juga melalui lembaga lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kelian Adat Banjar Sakah A.A. Gede Agung Aryawan yang mewakili pecalang Pemogan menyampaikan terima kasih atas perhatian dari NCPI dan juga Anggota DPD RI daerah pemilihan Bali Dr. Made Mangku Pastika yang telah memberikan bantuan paket sembako kepada pecalang.

Dikatakan Aryawan para pecalang sudah terbiasa ngayah (bekerja tanpa dibayar-red) termasuk pada saat penanganan Covid-19 ini. Namun diingatkan pecalang ini juga punya keluarga yang membutuhkan pangan.

“Kalau ngayah hanya satu hingga dua hari tak masalah. Tapi ini kan begitu panjang dan belum tahu sampai kapan. Kendatipun demikian, para pecalang ini memiliki konsep ngayah tanah kelahiran secara sekala niskala dan mereka terap akan ngayah,” ucap Aryawan yang kerap disapa Gungde ini. (bas)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.