Paslon Pilkada Jalani Pemeriksaan Kesehatan

(Baliekbis.com), Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali, Pemilihan Bupati (Pilbup) Gianyar dan Klungkung yang akan dilaksanakan serentak di tahun 2018 ini, mulai Rabu (10/1) melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUP Sanglah, Denpasar.

Ada tiga pasangan yang melakukan pemeriksaan kesehatan yakni pasangan Koster-Ace, pasangan Made Agus Mayastra-A.A Gde Mayun, dan Tjokorda Bagus Oka-Ketut Mandia. Pemeriksaan kesehatan ini wajib sebelum nantinya terpilih. Pemeriksaan kesehatan sudah dimulai pendaftaran sejak pukul 06.30 Wita yang sudah disepakati oleh tim kesehatan RSUP Sanglah dan KPU Bali. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KPU Bali, Dewa Raka Sandi. Pemeriksaan kesehatan ini diatur berdasarkan waktu pendaftaran pasangan calon (paslon). Untuk pemeriksaan rohani atau psikologi akan dilaksanakan di kantor KPU Bali secara serentak pada tanggal 13 Januari 2018.

Sementara, Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Cagub-Cawagub dan Cabup-Cawabup yang juga merupakan Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah, Dr. dr. I Ketut Sudartana,Sp.B.(KBD) menjelaskan pemeriksaan kesehatan yang dipusatkan di ruangan Wing Amerta RSUP Sanglah, akan melibatkan 18 dokter spesialis tingkat II (konsultan). “Nantinya 18 dokter spesialis tersebut akan terbagi dalam sejumlah pos sesuai dengan standar teknis yang disepakati tim kesehatan dan KPU Bali pada Jumat (5/1) lalu,” jelasnya.

Ditambahkan, pemeriksaan kesehatan terdiri dari kesehatan fisik, psikiater, psikologi, dan pemeriksaan bebas narkoba. Pemeriksaan fisik terdiri dari pemeriksaan penyakit dalam, jantung, paru-paru, bedah (bedah ortopedi dan bedah urologi), mata, dan THT (telinga hidung dan tenggorokan). “Pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan melalui cek laboratorium terkait fungsi hati, ginjal, dan kolesterol,” tambahnya. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: