Pasca Erupsi, Gunung Agung Bisa Kembangkan Wisata Ala Merapi

(Baliekbis.com), Bali bisa mengelola kawasan pascaerupsi Gunung Agung mirip pengelolaan kawasan Gunungapi Merapi di Sleman Yogyakarta. Pasalnya Bali punya tipikal yang mirip dengan Gunung api Merapi.

“Jadi melihat kesamaan tipikal tersebut Bali bisa mengembangkan potensi seputar kawasan pascaerupsi Gunung Agung untuk wisata sesuai kondisinya,” ujar Kepala Bank Indonesia KPw BI Prov. Bali Causa Iman Karana  dalam Lokakarya Kehumasan dan Kebanksentralan, Jumat (9/2) di Yogyakarta. Lokakarya hingga Minggu (11/2) ini juga akan membahas perkembangan ekonomi Bali terkini. Menurut Causa adanya kemiripan itulah menjadi salah satu pertimbangan mengajak wartawan melihat langsung pengembangan kawasan Merapi yang sempat meletus di tahun 2010 lalu.

Causa Iman Karana.

“Di balik bencana biasanya ada peluang,” jelas Causa. Causa juga mengingatkan pentingnya pengembangan sektor ekonomi yang lain sesuai potensi masing masing daerah. Sebagaimana diketahui pascaletusan tersebut kini kawasan Merapi bangkit dengan sejumlah aktivitas yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakatnya dan menciptakan lapangan kerja yang cukup luas. Selain menghasilkan material pasir dan batu yang begitu besar, warga setempat juga mampu mengembangkan pariwisata di kawasan bebatuan dan berpasir di kawasan tersebut.

“Di sini ada museum gunung Merapi yang cukup banyak dikunjungi wisatawan. Kawasan di kaki gunung tersebut juga jadi atraksi menarik untuk kegiatan offroad,” jelas Susang, pemandu wisata setempat yang mengantar rombongan wartawan dari Bali melihat sekaligus mencoba atraksi di sana.  Dengan sekitar 800 unit jeep, kawasan kaki Merapi itu kini jadi kawasan yang ramai untuk wisata Merapi Lava Tour yang banyak diminati berbagai kalangan. Bahkan di kawasan tersebut telah berkembang begitu banyak usaha penginapan dan penunjangnya. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: