Pasar Murah Gianyar Patok Harga Bersahabat

(Baliekbis.com), Sama seperti tahun-tahun sebelumnya jelang Hari raya Galungan dan Kuningan,  Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar bekerjasama dengan TP.PKK kab. Gianyar mengadakan pasar murah di halaman Kantor Bupati Gianyar, Jumat (22/12). Sejak dibuka pukul 06.00 Wita para pegawai sudah mulai memadati stand yang menjual sembako dan kebutuhan menjelang hari raya seperti janur, buah-buah dan beraneka jenis kue. Pasar murah ini kata kata Kepala Dinas Pertanian Kab. Gianyar Ir. I Made Raka adalah sebagai wujud kepedulian kepada para pegawai untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan persiapan jelang Galungan dan Kuningan.

Dalam penyelenggaraan pasar murah, Dinas Pertanian seperti biasa menggandeng langsung para petani untuk terjun langsung memasarkan hasil panen.  Ada sekitar 13 stand yang merupakan petani binaan dari dinas Pertanian, ditambah  beberapa produk olahan dari TP.PKK kecamatan di Kabupaten Gianyar.

“Sesuai dengan temanya kami yakin harga yang ditawarkan dalam pasar murah ini lebih murah dari harga di pasar, karena ini langsung petani yang menjual. Artinya rantai pemasaran  lebih kecil dibanding di pasar yang sudah melalui banyak pihak otomatis harganya lebih mahal,” tegas I Made Raka

Berdasarkan pantauan, yang paling banyaak diborong oleh ibu-ibu pegawai di Lingkungan Pemkab. Gianyar adalah berbagai jenis buah, janur dan olahan kue untuk upacara. Karena harga cukup murah disbanding dipasar mereka bahkan memborong hingga 5 kg untuk satu jenis buah saja.  Salah satu pedagang I ketut Suastana dari Kelompok Tani Pucak sari Br. Perean Desa Pupuan Tegallalang dengan komoditi andalan jeruk. Buah jeruk menjelang hari raya biaasanya memang mengalami lonjakan harga, namun tidak terlalu signifikan. 

Untuk pasar murah kali ini per kila untuk jeruk local klas A dan B ia jual Rp. 10 ribu /Kg, sedangkan dipasar untuk jenis dan klas yang sama biasa berkisar Rp.12 ribu hingga Rp.13 ribu/Kg. harga ini pun bisa naik, tergantung permintaan di pasar. Sementara itu Sekdakab. Gianyar I Made Wisnu Wijaya saat meninjau langsung pelaksanaan pasar murah dihalaman kantor Bupati Gianyar mengaku sangat senang melihat antusias para pegawai berbelanja. Ini membuktikan bahwa upaya Pemkab. Gianyar untuk membantu meringankan beban terutama untuk kebutuhan pokok hari raya terbukti tepat sasaran.

“Kami pastikan bahwa harga yang ditawarkaan dalam pasar murah ini sangat bersahabat, karena petaninya langsung yang menjual. Belanja dari tangan pertama tentu beda harganya dengan dipasar yang sudah malalui beberapa tangan,” Kata I Made Wisnu Wijaya.

Kegiatan pasar murah ini juga menurut Wisnu Wijaya selain membantu petani dalam pemasaran, juga lebih pada untuk mengantisipasi para pegawai keluyuran di pasar belanja kebutuhan hari raya pada jam kerja. (eni)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: