Pangdam Udayana: Koperasi sebagai Wadah Kesejahteraan Anggota

(Baliekbis.com), Dalam rangka melaksanakan laporan pertanggungjawaban Pengurus Pusat  Koperasi Kartika Udayana, dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2018.

RAT diikuti seluruh Prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana serta jajaran sebagai anggota Koperasi Kartika Udayana  pada Selasa (19/3) di Aula Makorem 163/Wira Satya, yang mengusung tema “Dengan Semangat Kebersamaan, Profesionalisme Dan Kerja Keras, Kita Tingkatkan Pengabdian Sebagai Insan Koperasi Dalam Rangka Pencapaian Tugas Pokok Dan Fungsi Koperasi Kartika”.

Kegiatan diawali laporan Ketua Umum Puskop Kartika Udayana tentang pertanggungjawaban Puskop Kartika Udayana Tutup Buku Tahun 2018, dilanjutkan sambutan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., sekaligus membuka secara resmi Rapat Anggota Tahunan Puskop Kartika Udayana.

Dalam sambutannya Pangdam mengatakan Puskop Kartika Udayana merupakan pengemban fungsi organik Kodam IX/Udayana yang berhubungan dengan upaya peningkatan kesejahteraan Prajurit, PNS dan keluarganya. Oleh karena itu, koperasi sebagai suatu badan usaha dituntut senantiasa peka dalam mengembangkan peran dan fungsinya secara berimbang dan dinamis. Sehingga keberadaannya sebagai salah satu pilar perekonomian di lingkungan Angkatan Darat dapat terwujud dengan baik. 

Sesuai tata aturan yang berlaku dalam koperasi, pelaksanaan RAT memiliki peran penting dalam menetapkan Rencana Kerja, Rencana Anggaran dan Belanja serta Pengesahan Pertanggungjawaban Pengurus selama setahun. Peran koperasi sangat strategis, karena itu kegiatan RAT ini jangan hanya dipandang sebagai formalitas untuk memenuhi ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga saja. Namun sebaliknya diharapkan dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengkaji sekaligus mengevaluasi kinerja  dan pertanggungjawaban pengurus. 

Dengan adanya, semangat, kepedulian dan kebersamaan seluruh peserta rapat, kegiatan RAT ini akan memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas kinerja dan sekaligus untuk mengembangkan unit-unit usaha Puskop Kartika Udayana yang lebih kompetitif dalam perkembang selanjutnya. 

Pangdam mengapresiasi usaha dan kegiatan yang dilakukan Puskop Kartika Udayana selama satu tahun terakhir, terutama tentang penyediaan perumahan bagi anggota dan menekankan agar pengurus lebih aktif dan inovatif mencari terobosan baru dalam pengembangan koperasi demi kesejahteraan anggota. 

Pangdam juga memerintahkan kepada para Komandan Satuan agar mengontrol keuangan anggota demi kesejahteraannya, berhutang hanya untuk keperluan tertentu seperti membantu orang tua, keperluan anak sekolah dan membeli tanah atau perumahan (tempat tinggal) untuk masa depan.

Kemudian sebagai acara tambahan dalam pembukaan RAT tersebut Pangdam IX/Udayana menyerahkan Piagam Penghargaan bagi Primkop terbaik dalam lomba tertib administrasi keuangan. Untuk  juara I diraih oleh Primkop Kartika Karya Dharma dari Satuan Babinminvetcaddam IX/Udayana, juara II Primkop Kartika Likhita (Topdam IX/Udayana) dan sebagai juara III Primkop Kartika Benteng  (Zidam IX/Udayana).

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Puskop Kartika Udayana kepada Persit KCK Daerah IX/Udayana yang diserahkan oleh Ketua Umum Puskop Kartika Udayana dan pemberian beasiswa kepada anak anggota berprestasi yang diserahlan secara langsung oleh Pangdam IX/Udayana.

Para Pejabat yang hadir antara lain, Ketua Umum Inkopad yang diwakili oleh Kabitperben Inkopad Kartika, Ketua Umum Puskop Kartika Udayana, Perwakilan Dinas Koprasi Provinsi Bali, Kadis Koprasi &UKM Provinsi Bali, Irdam IX/Udayana, Danrindam IX/Udayana. Kapok Sahli, Para Perwira Staf Ahli, Perwira Staf Khusus, Asrendam, Para Asisten, Para Komandan/Kabalak Jajaran Kodam IX/Udayana, Pengurus Persit KCK PD IX/Udayana, Rekanan Puskop, para Ketua Primkop Kartika Udayana dan sejumlah undangan lainnya  (pen)

Berikan Komentar