Pak Oles Bagikan Ilmu Kepemimpinan Melalui Seminar “Servant Leadership”

(Baliekbis.com), Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr siap tampil sebagai pembicara utama pada Seminar Kepemimpinan yang Melayani (Servant Leadership) yang akan digelar di Hotel Puri Ayu, Denpasar, Sabtu (11/1). Seminar itu antara lain sebagai hasil dari perenungan, literatur dan pengalaman selama 23 tahun mengembangkan perusahaan berbasis obat-obatan tradisional yang diminati masyarakat Bali, pasar nasional dan mancanegara.

“Ilmu dan pengalaman yang berharga itu akan kami bagikan kepada generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan, sekaligus memotivasi karyawan untuk tetap semangat, kerja keras dan disiplin dalam menghadapi persaingan semakin ketat,” ujar Pak Oles di Denpasar, Jumat (10/1).

Pria enerjik  yang merintis usaha dari nol yang kini telah memiliki kantor cabang di sejumlah daerah di Indonesia itu akan tampil dalam seminar Servant Leadership yang akan digelar di Hotel Puri Ayu, Jl Sudirman Denpasar mulai pukul 09.00 WITA, Sabtu (11/1).

Pemimpin yang melayani berarti pemimpin yang bekerja untuk mewujudkan visi organisasi dengan cara memberikan pelayanan yang baik tulus dan iklhas kepada bawahan, atasan, pelanggan, dan relasi bisnisnya. Memimpin dengan tulus berarti memajukan organisasi bukan untuk tujuan kepentingan diri sendiri atau kepentingan materi semata, tetapi untuk memajukan masyarakat , organisasi dan menumbuhkan orang lain.

Seperti dikatakan dalam kitab Bhagavad – Gita, bahwa seseorang bekerja bukan bertujuan untuk mendapatkan hasil, tetapi untuk memberikan kesejahteraan masyarakat (loka samgraha). Demikian juga dalam Injil dikatakan bahwa barang siapa yang menjadi besar diantara kamu, maka dia harus memberikan pelayanan.

Kepemimpinan pelayanan berkembang dalam organisasi modern dengan mengedepankan kepentingan orang lain (pelanggan, bawahan, masyarakat) dari pada kepentingan diri sendiri atau pemimpin. Dengan cara memberikan kepuasan kepada pelanggan atau masyarakat melalui pelayanan, maka organisasi akan bisa maju. Kepemimpinan pelayanan dalam Hindu disebut dengan Seva Niti. Seva berarti melayani, Niti berarti memimpin. Dalam seminar sehari itu Pak Oles menjelaskan pengalamannya dalam memajukan organisasi yang dihubungkan dengan teori-teori kepemimpinan pelayanan dari berbagai literatur. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: